Connect with us

Pemerintahan

Resmikan Puskesmas Wonokasian, Gus Muhdlor Sampaikan Bentuk Pemerataan Layanan Kesehatan di Sidoarjo

Diterbitkan

||

Resmikan Puskesmas Wonokasian, Gus Muhdlor Sampaikan Bentuk Pemerataan Layanan Kesehatan di Sidoarjo
SOSIALISASI: Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat mendengar sosialisasi petugas kesehatan Puskesmas. (memontum.com/zal)

Memontum Sidoarjo – Sebagai bentuk pemerataan pelayanan kesehatan di Kabupaten Sidoarjo, Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, Senin (21/03/2022) sore, meresmikan Puskesmas ke 2 di wilayah Kecamatan Wonoayu. Adalah Puskesmas yang terletak di Desa Wonokasian, Kecamatan Wonoayu, dengan memiliki luas 717 meter persegi, yang diresmikan dan diharapkan dapat menjadi penopang pelayanan kesehatan masyarakat terdekat di Kecamatan Wonoayu.

Disampaikan Gus Muhdlor-sapaan akrabnya, mengatakan akan pentingnya pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Namun, dengan adanya Puskesmas baru ini, maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat, akan kian dekat. Karena, di Kecamatan Wonoayu, sudah memiliki dua Puskesmas.

“Semoga pelayanan kesehatan tingkat bawah ini terus berjalan dengan baik,” ucapnya.

Ditambahkannya, bahwa semua yang dilakukan, karena berkaitan dengan program pemerintah, dalam rangka pemerataan pelayanan kesehatan. Terutama, fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat satu di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Baca juga :

“Misalkan BPJS ini kemudian berhenti, maka program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat menjadi salah satu pilihan bagi warga Kabupaten Sidoarjo, yang tidak mampu. Sehingga, warga tetap mendapat pelayanan kesehatan,” terang Gus Muhdlor.

Sementara dengan berdirinya Puskesmas Wonokasian ini, juga diharapkan oleh Bupati Gus Mudhlor, dapat memback-up Puskesmas pertama Wonoayu. Pasalnya, ada 88 ribu penduduk di Kecamatan Wonoayu.

“Setidaknya, maksimal 30 ribu pasien setiap masing-masing Puskesmas di Wonoayu, ini bisa backup. Karena idealnya, Puskesmas yang ada di Kecamatan Wonoayu ini berjumlah tiga. Sehingga, harapannya Puskesmas ini bisa memback-up warga yang ada di 23 desa se-Wonoayu,” jelasnya.

Lebih lanjut pria berkacamata tersebut menyampaikan, nantinya jika sudah resmi beroperasi, Puskesmas Wonokasian ini bakal diisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sudah direkrut untuk bekerja di pelayanan tersebut. Sementara untuk saat ini, sudah terdapat 30 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo. “Seharusnya, idealnya ada 78 Puskemas,” tambahnya. (zal/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.