Connect with us

Kota Malang

Sukses Kelola Informasi, KIM Bangu Jaya Kota Probolinggo Terima Kunjungan KIM Kebonsari Bersatu Kota Malang

Diterbitkan

||

Sukses Kelola Informasi

Memontum Probolinggo – Keberhasilan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Probolinggo dalam mengemas dan mengelola informasi pemerintah, menarik perhatian institusi daerah lainnya. Seperti yang terlihat Sabtu (24/12/2022) tadi, KIM Bangu Jaya, Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, menerima kunjungan studi banding dari KIM Kebonsari Bersatu, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Diungkapkan Ketua KIM Kebonsari Bersatu, Ricky, bahwa kunjungannya bersama dengan pengurus ke Kota Probolinggo, dalam rangka belajar. Itu karena, KIM yang dirinya pimpin baru berdiri November tahun 2021 lalu.

“Karena kita baru terbentuk sekitar setahun. Jadi, kita masih lemah dalam manajemen dan administrasi. Di satu sisi, KIM Bangu Jaya sudah terbentuk tahun 2016 dan kita bisa belajar untuk pengelolaan manajemen,” kata Ricky.

Baca Juga :

Lurah Kebonsari, Kota Malang, Nyoto, menambahkan bahwa KIM memiliki peran dalam menyediakan dan menyaring informasi yang tersebar di masyarakat. “Konten-konten yang disediakan oleh KIM, ini bisa menjadi media atau alternatif yang bisa mengurangi berita-berita yang tidak bagus. Seperti hoax dan lainnya, sehingga bisa disaring di sana,” jelas Lurah Nyoto.

Mewakili Camat Wonoasih, Plt Sekretaris Camat, Yudo Pratomo, menyambut baik kunjungan studi banding dari KIM Kebonsari Bersatu. Menurutnya, KIM Bangu Jaya dinilai cukup aktif dalam mewujudkan dan mengembangkan jaringan informasi. Terlebih, dengan dukungan yang telah diberikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Kemarin Diskominfo mengubah jadi modem portable. Jadi harapannya, dengan modem portable ini, KIM bisa memanfaatkan bukan hanya di satu titik saja tetapi bisa bergantian di berbagai titik,” ucap Yudo saat menerima kunjungan di Pendapa Kelurahan Sumbertaman.

KIM Kebonsari Bersatu hadir bersama seluruh pengurus yang berjumlah 25 orang serta perangkat dari kelurahan terkait. Kegiatan dikemas santai dengan diskusi dan tinjauan lapangan.

Ketua KIM Bangu Jaya, Susanti, juga mendorong anggota KIM Kebonsari Bersatu, untuk aktif memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat konten pemberitaan yang positif. “Kita sampaikan, bahwa membuat berita itu tidak perlu yang ruwet-ruwet. Jangan takut untuk membuat berita dan untuk saat ini silahkan membuat berita, utamanya berita yang mudah dipahami oleh masyarakat,” kata Susanti.

Turut serta menerima studi banding antara lain perwakilan Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo, perwakilan dari kelurahan, LPM Kelurahan Sumbertaman serta pengurus KIM Bangu Jaya. (kom/pix/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *