Connect with us

Kota Malang

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Perpustakaan Keliling Kota Malang Jemput Bola Melalui Mobil Warta

Diterbitkan

||

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Perpustakaan Keliling Kota Malang Jemput Bola Melalui Mobil Warta

Memontum Kota Malang – Membaca buku kini bisa dimana saja. Tidak terkecuali, di ruang terbuka seperti pada Alun-Alun Kota Malang.

Karenanya, guna mengoptimalkan tingkat baca, di sana telah disediakan Perpustakaan Keliling melalui Mobil Warta dari Perpustakaan Kota Malang. Hal ini, sebagaimana disampaikan seorang Pustakawan, Suparmin Dinata, yang ditemui oleh Memontum.com, saat sedang bertugas dan menyampaikan jika layanan perpustakaan keliling itu dibuka mulai hari Senin hingga Kamis, dari pukul 08.30 hingga 13.00. Sementara untuk fasilitas yang disediakan, selain buku bacaan, juga bermacam-macam, mulai dari wifi, tv, sound, alat mewarna hingga mainan.

“Di sini ada tv dan sound untuk bercerita. Lalu, ada wifi tetapi listriknya belum memadai. Untuk bukunya, di sini juga disediakan lengkap, mulai dari bacaan anak-anak, hingga yang umum seperti sejarah, agama. Lalu, juga ada crayon dan gambar yang kami sediakan, serta mainan lego,” jelas Suparmin, Kamis (17/11/2022) tadi.

Menurutnya, antusiasme dari masyarakat sendiri juga sangat bagus. Pengunjung yang datang, untuk perharinya bisa sampai 50 hingga 70 orang. Apalagi jika hari libur, bisa mencapai ratusan orang. Anak-anak yang datang pun menurutnya, juga senang dan terhibur, karena bisa menunjukkan kreativitasnya lewat mewarna dan membaca.

“Jadi hadirnya kami di sini, untuk jemput bola. Mereka tidak datang ke kantor, tetapi kami yang datang ke mereka. Dan kami menitik beratkan mereka untuk belajar, mulai mewarnai dan juga membaca, jadi nggak cuma bermain saja di sini,” katanya.

Baca juga :

Untuk pengunjung yang datang juga tidak dikenakan biaya apapun, mereka hanya cukup mengisi daftar hadir yang disediakan. Kemudian, untuk peminjaman buku hanya bisa dilakukan di tempat, tidak untuk dibawa pulang.

“Kalau mau pinjam buku hanya boleh dilakukan disini, kalau dibawa pulang harus pinjam ke kantor Perpustakaan Umum Kota, karena peminjaman harus menggunakan kartu anggota,” lanjutnya.

Sebagai informasi, untuk Mobil Warta Perpustakaan Keliling tersebut juga tidak hanya ada di satu titik Alun-Alun Kota Malang saja, melainkan juga di Taman Merjosari. Kemudian, juga keliling ke berbagai sekolah yang ada di Kota Malang, mulai dari TK, SD, hingga SMP.

Sementara itu, salah satu orang tua pengunjung Mobil Warta, Ulfa (33), yang sudah beberapa kali berkunjung, mengatakan jika itu sangat bermanfaat untuk anak-anaknya. Selain bisa bermain di playground Alun-Alun, juga bisa belajar dan mewarna, sehingga itu sangat bermanfaat untuk anaknya.

“Sudah 5 kali ke sini, dan selalu memanfaatkan ini. Karena di sini juga gratis, dan anak-anak juga senang,” kata Ulfa.

Menurutnya, ke depan fasilitas yang ada di Mobil Warta, bisa ditambah lagi, agar para pengunjung, terutama anak-anak tidak bosan dan semakin betah untuk terus belajar, membaca dan mewarna. (rsy/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.