Kediri

Tinjau Kesiapan Operasional Bandara Dhoho Kediri, Mas Dhito Dampingi Kunjungan Pj Gubernur Jatim

Diterbitkan

-

Memontum Kediri – Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, mendampingi Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, melakukan kunjungan ke Bandara Internasional Dhoho Kediri, Sabtu (30/03/2024) tadi. Dalam kunjungan yang berlangsung sore itu, Pj Gubernur Adhy Karyono juga disambut Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDHI), Maksin Arisandi dan pihak Angkasa Pura I.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Dhoho Kediri, Nyoman Noer Rohim, menjelaskan bahwa kunjungan Pj Gubernur Adhy Karyono ke bandara kali ini untuk melihat kesiapan operasional bandara. “Bandara Dhoho ini sudah siap 100 persen, untuk melayani penerbangan. Bahkan, sudah terbukti kemarin, yaitu ada tiga pesawat privat jet take off landing di sini,” katanya.

Untuk penerbangan reguler, papar Nyoman, masih dalam proses perizinan. Termasuk, pengaturan rotasi pesawat bagi maskapai yang telah mendapatkan izin rute.

“Untuk maskapai yang telah mendapatkan izin rute, yaitu Batik Air dan super air jet. Mereka masih berproses terkait pengaturan pesawat,” ujarnya.

Advertisement

Baca juga :

Sambil menunggu operasional bandara, paparnya, pekerjaan akses jalan tol di dekat bandara terus berjalan. Sebelum jalan tol itu dapat dilalui, akses pendukung menuju bandara yang lebih dahulu dikebut pemerintah telah rampung dan dapat dilalui ketika tol belum selesai.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri, Irwan Chandra, bahwa akses jalan pendukung bandara yang sejak awal menjadi konsen Mas Dhito-sapaan akrab Bupati Kediri hingga kini telah siap untuk dilalui. Akses jalan yang dimaksud, mulai dari Jalan Nganjuk-Kediri, Jalan Tulungagung-Kediri melalui Kecamatan Mojo, Jalan Jawa dan Jalan PB Sudirman.

“Saat ini yang belum (selesai, red) Jembatan Jongbiru,” terangnya saat ditemui di Bandara Dhoho Kediri.

Advertisement

Pembangunan Jembatan Jongbiru yang berbatasan antara Kabupaten dan Kota Kediri, saat ini tengah berjalan dan menurut rencana selesai pada Mei 2024 mendatang. (kom/pan/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas