Berita Nasional

Tuban Diguncang 17 Gempa Susulan dalam Tempo Kurang 3 Jam

Diterbitkan

-

Memontum Tuban – Pasca gempa 6,0 SR di Tuban, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi belasan kali gempa susulan di sekitar episentrum gempa di koordinat 5.74 lintang selatan dan 112.32 bujur timur, atau sekitar 132 kilometer di sebelah timur laut Tuban.

Kepala Stasiun Metreologi BMKG Tuban, Zem Irianto Padma, menjelaskan bahwa pasca gempa pertama terjadi, beberapa waktu kemudian terjadi gempa susulan dengan rentang skala magnitudo 2.7 sampai 5.3 skala richter. Berdasarkan data yang diterima Kantor BKMG Tuban, tercatat ada sebanyak 16 kali gempa susulan.

Sehingga, total telah terjadi gempa sebanyak 17 kali di timur laut Tuban. Rentang waktu itu, terjadi mulai pukul 11.22.45 WIB sampai 14.11.08 WIB.

Baca juga :

Advertisement

Masih menurut Zem, dari 15 kali gempa susulan tersebut, ada yang sempat menimbulkan getaran yang dirasakan masyarakat. Yaitu, gempa susulan ke 7 di pukul 12.31.12 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,3. Sementara selebihnya, tidak begitu dirasakan, karena berskala di bawah 4,4 skala richter.

Setelah belasan kali gempa susulan, pihaknya masih melakukan monitoring adanya potensi gempa susulan lagi. Untuk itu, agar masyarakat tetap waspada. Sementara meski terjadi beberapa kali gempa, kejadian tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang Tsunami.

“Sehingga, masyarakat tidak perlu panik dan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya. (kom/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas