Connect with us

Kabar Desa

Wartawan Online Situbondo Bentuk Kepengurusan IWO dan Siapkan Rencana Kerja

Diterbitkan

||

Wartawan Online Situbondo Bentuk Kepengurusan IWO dan Siapkan Rencana Kerja

Memontum Situbondo – Sejumlah wartawan online di Kabupaten Situbondo, yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO), menggelar pembentukan pengurus dan rencana kerja tahun 2023. Kegiatan ini, berlangsung di salah satu tempat di Jalan Santona Kelurahan Patokan Situbondo, Minggu (04/12/2022) tadi.

Dengan terbentuknya DPD IWO Situbondo, sejumlah anggota berkomitmen untuk menjaga dan mengasah serta mengembangkan kemampuan dan skill jurnalisme yang akan diatur oleh organisasi. IWO Situbondo juga akan membangun soliditas dan kerja sama antar anggota, agar solid, saling menjaga IWO dan saling melindungi serta mengingatkan. Termasuk, perlindungan hukum terhadap keterkaitan dalam menjalankan profesi di lapangan.

Ketua DPD IWO Situbondo, Zainullah, mengatakan bahwa IWO Situbondo, merupakan suatu wadah yang menampung hampir semua wartawan online dari berbagai media. Tujuan dari pembentukan IWO, salah satunya akan mewadahi kepentingan profesi wartawan dengan peningkatan kualitas SDM. Sehingga diharapkan, informasi yang sampai kepada masyarakat bisa bermanfaat dan berimbang, sesuai kaidah-kaidah jurnalistik.

“Seperti dikatakan Iskandar Sitorus, salah satu pendiri IWO, bahwa idealnya kejadian-kejadian di lingkup kehidupan masyarakat yang berimplikasi masif terhadap publik, bisa dengan maksimal diketahui untuk kemudian ditulis atau direkam wartawan online menjadi sesuatu produk jurnalistik,” ujarnya.

Baca juga :

Lebih lanjut Zainul-sapaannya menambahkan, bahwa ada sekitar 30 wartawan online dari berbagai media yang tergabung. Banyaknya media, tentunya akan menjadi warna baru di Kabupaten Situbondo.

“Tentunya dalam menjaga dan membela martabat profesi jurnalis dalam menjalankan tugasnya. Sebab, selama ini banyak kendala dan tantangan yang dihadapi para jurnalis, khususnya jurnalis online,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD IWO terpilih, Samsuri, juga mengatakan bahwa IWO hadir untuk menjawab dan melawan tantangan di lapangan. “Dalam kegiatan-kegiatan eksternal, IWO nantinya akan menuangkan dalam renja (rencana kerja) IWO Situbondo. Tujuannya, agar bisa membangun kemitraan dengan banyak pihak,” imbuhnya.

Ketua DPRD Situbondo, Edy Wahyudi, dikonfirmasi terpisah mengucapkan selamat dan sukses atas terbentuknya IWO di Situbondo. “Semoga keberadaan IWO bermanfaat dalam hal peningkatan kompetensi jurnalis online di Situbondo. Sehingga, menjadi jurnalis yang handal, profesional dan bermartabat,” ujarnya.

Lebih lanjut Edy Wahyudi berharap, ke depan tentunya juga mampu menjadi wadah yang bisa melindungi bagi anggotanya yang sedang bertugas. Sehingga, bisa menyajikan informasi yang benar dan sesuai dengan kaidah kaidah jurnalis kepada masyarakat dan publik. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *