Connect with us

SEKITAR KITA

74 Rumah di Situbondo Rusak Akibat Diterjang Banjir Rob dan Angin Kencang

Diterbitkan

||

74 Rumah di Situbondo Rusak Akibat Diterjang Banjir Rob dan Angin Kencang
PEMUKIMAN: Banjir rob menggenangi puluhan rumah warga di dua dusun di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Banjir rob menggenangi puluhan rumah warga di Dusun Laok Bindung dan Dusun Pesisir, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Kamis (16/06/2022) tadi.

Akibat terjangan banjir rob dan angin kencang tersebut, satu rumah di Dusun Laok Bindung, dilaporkan rusak berat dan tiga rumah rusak ringan. Sedangkan di Dusun Pesisir, dua rumah warga dilaporkan rusak berat dan satu rumah rusak ringan.

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Zainul Arifin, mengatakan bahwa banjir rob yang disertai angin kencang itu telah merusak beberapa rumah dan menggenangi ratusan rumah warga di dua dusun tersebut. “Total rumah yang terdampak, seluruhnya mencapai sebanyak 74 rumah. Tiga rumah rusak berat dan empat rumah rusak ringan,” ujar Zainul Arifin.

Baca juga :

Bahkan, tambahnya, genangan air akibat kejadian itu juga masuk dalam rumah atau pemukiman warga. “Ketinggian air bervariatif, mulai 30 hingga 40 centimeter,” jelasnya.

Ketiga rumah warga yang mengalami kerusakan terparah akibat banjir rob dan angin kencang, diantaranya rumah milik Saiful Bahri (40), Sanu (61) dan Suni (70), dengan total kerugian diperkirakan Rp 25 juta. Banjir rob dan gelombang laut juga merusak tangkis laut sepanjang sekitar delapan meter.

“Tidak ada korban jiwa, hanya genangan air yang masuk ke rumah warga,” ujarnya kepada Memontum.com. (her/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.