Pemerintahan

Sehari Diangkut, Afvur Sidomukti Kembali Penuh Sampah

Diterbitkan

-

Petugas dari DLHK Kabupaten Sidoarjo sedang membersihkan sampah menumpuk pada Avfur Sidomukti di sekitar perempatan jalan Wonoayu. (par)
Petugas dari DLHK Kabupaten Sidoarjo sedang membersihkan sampah menumpuk pada Avfur Sidomukti di sekitar perempatan jalan Wonoayu. (par)

Memontum Sidoarjo – Aliran Afvur Sidomukti sepanjang 6 km dari Ds. Sidomukti Kecamatan Krian sampai Ds. Wonoayu Kecamatan Wonoayu seakan berfungai ganda. Disamping sebagai suplay air pertanian di desa desa , sungai itu seakan menjadi TPS bagi warga disepanjang alirannya.

Pasalnya nampak sekali sampah yang nyangkut di aliran sekitar perempatan jalan Wonoayi tak pernah habis. Sebagaimana dikatakan oleh Nungki seorang tim petugas yang membersihkan, menyatakan bahwa beberapa minggu lalu sampah yang diangkut 6 truk dan sekarang sudah datang lagi, ini pasti kurangnya kesadaran warga di sepanjang aliran sungai.

Sementara, Thoriq juru air HIPPA petani Ds. Wonoayu menyayangkan kiriman sampah dari barat yang tak pernah surut itu. ” Setiap mau musim turun tanam, saya selalu membersihkan sampah di sungai di perempatan itu, sampah menumpuk di sana sehingga menghambat aliran air. Padahal lahan seluas kurang lebih 14 hektar mengadalkan air dari situ saat musim tanam padi,” jelasnya.

Pono Ketua HIPPA Ds. Wonoayu mengharap Pemda Sidoarjo dalam hal ini Dinas PU Sumber Daya Air dan Dinas Lingkungan Hidup dan Keberaihan serta Pemdes sepanjang aliran sungai agar dapat menumbuhkan kesadaran kepada warga di sepanjang aliran sungai.

Advertisement

” Semestinnya warga di sepanjang aliran sungai mempunyai pengertian dan kesadaran fungsi dari sungai sehingga tidak membuang sampah ke dalamnya. Tentunya menjadi tanggungjawab dinas terkait dan Pemerintah Desa untuk memberi pengertian,” tuturnya. (par/yan)

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas