Hukum & Kriminal

Polresta Banyuwangi Bongkar Sindikat Narkoba, Sita 61 Poket SS dan 42 Ribu Trihex

Diterbitkan

-

Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin saat pers realese pengungkapan kasus peredaran Narkoba dan obat-obatan terlarang, bertempat di Mapolresta Banyuwangi, Rabu (11/12/2019) siang
Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin saat pers realese pengungkapan kasus peredaran Narkoba dan obat-obatan terlarang, bertempat di Mapolresta Banyuwangi, Rabu (11/12/2019) siang

Memontum Banyuwangi – Satnarkoba Polresta Banyuwangi berhasil mengungkap jaringan sindikat pengedar Nakorba dan obat-obatan terlarang. Operasi dilakukan sejak bulan Agustus hingga bulan Desember 2019, berhasil mengamankan 5 tersangka serta puluhan paket shabu-shabu (SS) dan puluhan ribu pil trihexyphenidyl.

Terkuaknya sindikat pengedar sabu, terlebih dahulu Satreskrim Polresta Banyuwangi menangkap EA warga Desa Tegalarum, Kecamatan Sempu, Banyuwangi.

Menurut Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin dari penangkapan EA ini, pihaknya melakukan pengembangan dan berhasil mengungkap jaringan pengedar sabu-sabu.

“Setelah mengamankan EA, kami melakukan pengembangan kasus ini, dan berhasil menangkap tersangka DP, F dan RD,” terang Kapolresta Banyuwangi, di Mapolresta Banyuwangi, Rabu (11/12/2019) siang.

Advertisement

Dari penangkapan empat tersangka tersebut, lanjut AKBP Arman Asmara Syarifuddin pihaknya berhasil menyita barang bukti berupa 61 poket SS siap edar seberat 90,33 gram dan 42.100 butir pil trihexyphenidyl.

“Selain mengamankan barang bukti berupa 93,33 gram sabu dan puluhan ribu pil trihexyphenidyl. Kami juga mengamankan barang bukti lainnya, seperti 3 unit sepeda motor, 6 buah HP, uang tunai sebesar Rp 2,7 juta,” kata AKBP Arman Asmara.

Dari keterangan F, dirinya menjalankan bisnis barang haram ini sudah berjalan beberapa bulan. Setiap harinya ada 6-10 orang customer yang memesannya.

“Rata-rata yang memesan sabu itu 1/2 gram sampai 1 gram. Setiap gramnya harganya Rp 1,5 juta, sedangkan pil trihexyphenidyl perkalengnya kami hargai Rp 800 ribu. Satu kaleng pil trihexyphenidyl besiri 100 pil,” ujar tersangka F saat ditanya Kapolresta Banyuwangi.

Advertisement

Kapolresta Banyuwangi menghimbau kepada masyarakat Banyuwangi jika ada orang yang mengedarkan barang-barang terlarang seperti ini hendaknya melaporkan ke Polres Banyuwangi dan pihaknya akan menindak lanjuti jyga menangkap para pengedar barang yang merusak generasi muda.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk bersinergi dengan Polresta Banyuwangi. Jika ada informasi dari masyarakat adanya peredaran obat terlarang, kami bisa ungkap sampai ke akar akarnya ” tegas AKBP Arman Asmara Syarifuddin.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, 4 tersangka pengedar shabu-shabu, dijerat Pasal 114 (1) SUB 112 (1) Undang Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman minimal 5 tahun kurungan penjara dan maksimal hukuman mati. Sedangkan untuk tersangka pengedar obat keras berbahaya akan dijerat pasal 196, 197 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. (ras/oso)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas