Wisata

Ayo Liburan Ke Segitiga Ranu Lumajang!

Diterbitkan

-

Ayo Liburan Ke Segitiga Ranu Lumajang!

Memontum Lumajang – Musim liburan menjadi momen yang ditunggu banyak orang pastinya dan Jika anda berencana untuk berlibur, ada satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata pilihan untuk anda kunjungi mulai dari wisata alam, pegunungan, danau, air terjun, situs budaya nan bersejarah hingga Pantai serta banyak lagi obyek wisata yang dijamin bisa memanjakan mata anda.

Daerah tersebut adalah Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Lumajang merupakan sebuah daerah yang berada dikaki Gunung Semeru, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan serta masih alami.

Salah satunya yaitu Danau Klakah atau masyarakat sekitar menyebutnya Ranu Klakah. Sebuah danau yang terletak di Desa Tegal Randu Kecamatan Klakah. Obyek wisata ini menyuguhkan panorama alam Danau dan Gunung Lemongan untuk daya tarik wisatanya. Letaknya sekitar 10 km di sebelah utara kota Lumajang.

Danau ini berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut, dengan luas 22 hektare dan kedalaman 28 m yang dilatar belakangi gunung Lamongan dengan ketinggian sekitar 1.668 m dari permukaan laut, serta didukung oleh udara sejuk nan segar.

Advertisement

Ranu Klakah oleh masyarakat setempat dipergunakan sebagai tempat budidaya ikan mujair dan ikan nila. Di dekat Ranu Klakah masih ada dua danau lain, yaitu Ranu Bedali dan Ranu Pakis. Karena itu daerah ini dikenal dengan nama segitiga ranu.

Danau ini tempatnya mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan pribadi, tidak terlalu ramai pemandangannya indah cocok bagi anda sekeluarga.

Bagi yang hobi memancing ikan, disini sangat nyaman serta pasti bisa memberikan ketenangan untuk sejenak membuat pikiran, perasaan dapat merasakan kepuasan mulai dari pemandangan air danau yang jernih yang didalamnya banyak ikan berseliweran.

Jika anda dari arah Probolinggo, setelah memasuki pintu gerbang Kabupaten Lumajang. Kalau pagi hari anda akan melihat hiruk pikuk masyarakat yang menjajakan hasil bumi mulai dari pisang, alpukat, kelapa muda serta buah mangga dan lainnya di pasar wates wetan kecamatan Ranuyoso. Setelah itu anda akan disuguhi pemandangan yang sama di Pasar Ranuyoso.

Advertisement

Baru setelah itu masuk kecamatan klakah, anda akan melihat sederet penjual berbagai macam buah dari hasil bumi masyarakat sekitar seperti buah nangka, buah durian, rambutan, labu, pete dll. Danau Ranu Klakah berjarak kurang lebih 1km dari Jalan Probolinggo – Lumajang. Tepat di daerah pasar klakah anda belok kiri menuju tempat yang indah itu.(adi/oso)

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas