Kabar Desa

Kades Karangharjo Serahkan Bibit Durian Musang King

Diterbitkan

-

Kades Karangharjo Serahkan Bibit Durian Musang King

Memontum Banyuwangi – Pemerintahan Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore serahkan ratusan bantuan bibit durian jenis Montong dan Musang king kepada warga Dusun Jolondoro, Senin (13/01/2020) siang.

Bantuan bibit durian ini, untuk program penghijauan dikawasan Desa Karangharjo dianggarkan melalui anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 sebesar Rp 10 juta.

Kepala Desa Karangharjo Miskawi berpakaian PDH menyerahkan bantuan bibit kepada masyarakat Dusun Jolondoro, bertempat di lapangan sepak bola Dusun Jolondoro, Senin (13/01/2020) siang. (git)

Kepala Desa Karangharjo Miskawi berpakaian PDH menyerahkan bantuan bibit kepada masyarakat Dusun Jolondoro, bertempat di lapangan sepak bola Dusun Jolondoro, Senin (13/01/2020) siang. (git)

Kepala Desa Karangharjo, Miskawi mengatakan ratusan bibit durian Montong dan Musang King ini diserahkan ke LMDH Jolosutro anak cabang dari LMDH Wanasejati yang anggotanya para pesanggem atau petani yang ada di Dusun Jolondoro.

“Pada beberapa tahun yang lalu, kami pernah memberikan bibit durian ke LMDH Wanasejati, sekarang ini kami memberikan bantuan bibit untuk anggota LMDH Jolosutro Dusun Jolondoro,” ujar Kades Karangharjo, Miskawi.

Tujuan diberikannya bibit durian ini kata Miskawi untuk melaksanakan program penghijauan dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Advertisement

“Pemberian bibit durian ini tidak semata-mata untuk menggalakkan program penghijauan saja. Tapi juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujar Miskawi.

Menurutnya, bibit durian jenis Montong dan Musang King ini, jika dirawat dengan baik, 3 tahun sudah bisa berbuah. Buahnya ini nantinya bisa dijual ke masyarakat.

“Kalau pohonnya sudah besar, jangan sampai sampai dipotong untuk dijual. Yang diambil itu buahnya bukan pohonnya. Jika pohonnya semakin besar akan menghasilkan buah durian yang banyak, dan buahnya bisa dijual untuk menambah pendapatan,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dusun (Kadus) Jolondoro, Abdul Latip mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kades Karangharjo atas bantuan bibit durian tersebut.

Advertisement

“Warga Dusun Jolonoro susah lama ingin menanam pohon durian jenis Musang King dan Montong ini, karena mencari bibitnya agak susah. Dengan bantuan bibit durian ini, kami atas nama warga Dusun mengungkapkan banyak terima kasih,” ungkap Abdul Latip.

Abdul Latip menghimbau kepada warga Dusun Jolondoro yang mendapat bibit durian ini hendaknya bisa merawat dengan baik, sehingga mampu menghasilkan buah.

“Jika bibit durian ini dirawat dengan baik, dan bisa berbuah, yang untung siapa? Ya masyarakat, buahnya bisa dijual, untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga,” kata Abdul Latip.

Dalam penyerahan bibit durian jenis Montong dan Musang King bertempat di lapangan Dusun Jolondoro, selain dihadiri masyarakat setempat, juga dihadiri Kepala-kepala Dusun dan Babinsa Desa Karangharjo. Mereka tampak bersemangat mendapat bantuan bibit durian. (git/oso)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas