Pemerintahan

Distan Siapkan Pestisida untuk Hama Tikus

Diterbitkan

-

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo

Masuk Musim Penghujan

Memontum Surabaya – Memasuki musim penghujan, area persawahan di Jawa Timur mulai diserang hama tikus. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan pestisida untuk hama tikus. Namun, pestisida tersebut tidak bisa didistribusikan jika belum ada permintaan dari pemerintah kabupaten/kota melalui dinas pertanian kabupaten/kota setempat.

“Hama tikus ini memang tidak bisa dihindari, untuk itu kami sudah mengimbau kepada kepala dinas kabupaten/kota jika membutuhkan pestisida agar menyurati kami sehingga bisa kami drop (kirim),” kata Hadi, Selasa (25/2).

Kementerian Pertanian pun juga telah memberikan arahan kepada Dinas Pertanian Provinsi agar menyurati Kementerian Pertanian jika stok pestisida untuk hama tikus menipis. “Jadi harus ada permintaan terlebih dahulu dari kabupaten/kota melalui kadis pertanian setempat atas laporan masyarakat di sana,” lanjutnya.

Selain pestisida, Hadi menerima laporan memang ada pemusnahan hama tikus melalui swadaya masyarakat. “Ada yang menggunakan burung hantu, ada yang ular sawah atau menanam tanaman tertentu untuk mengusir tikus, yang penting aman itu tidak masalah. Yang bahaya itu kalau menggunakan listrik, saya mengimbau agar tidak menggunakan itu (listrik),” pungkasnya. (ace/ono)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas