Pemerintahan

Batu Covid-19: RS Karsa Husada Siapkan 14 Ruangan Isolasi, Sesuai Rekomendasi Gubernur

Diterbitkan

-

Batu Covid-19 RS Karsa Husada Siapkan 14 Ruangan Isolasi, Sesuai Rekomendasi Gubernur

Memontum Kota Batu – Rumah Sakit Karsa Husada milik Provinsi Jawa Timur yang beralamat di Jl. Ahmad Yani Kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu sejak kemarin (23/3/2020) resmi menjadi rumah sakit yang menangani covid-19 (corona.red). Hal ini diungkapkan secara langsung oleh Direktur Karsa Husada dr. Tries Anggraini ketika dikonfirmasi oleh awak media bahwa rumah sakit yang dikelola olehnya ditunjuk langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Kami menyiapkan 14 ruang isolasi dengan kapasitas ruangan antara 2 sampai 3 pasien,” jelasnya. Ia juga menambahkan ruangan ini sebelumnya merupakan ruangan baru yang telah difungsikan, namun tidak lama virus Corona terus menyebar sehingga rumah sakit ini terpilih sebagai rumah sakit yang layak untuk menangani penyakit yang ditimbulkan oleh corona.

Lebih jauh, Tries menambahkan bahwa pihaknya menyiapkan 20 tenaga ahli, diantaranya dokter penyakit dalam sebanyak 5 orang, dan dokter penyakit paru-paru sebanyak 3 orang. Tidak hanya itu saja, dokter anak juga ikut dilibatkan sebanyak 3 orang, radiologi sebanyak 2 orang, Lab sebanyak 1 orang, dokter bedah sebanyak 2 orang dan sisanya adalah perawat serta penunjangnya.

“Untuk antisipasi penularan sendiri saat ini kami lakukan pembatasan pasien. Jadi kalau memang sakitnya belum terlalu parah memang tidak kami arahkan untuk rawat inap,” imbuhnya. Tries juga menuturkan hal ini merupakan salah satu tindakan preventif karena virus corona sangat mudah menyerang orang yang memiiliki imunitas rendah.

Advertisement

Sementara itu, ketika disinggung terkait PDP (Pasien Dengan Pengawasan), Tries mengaku bahwa hingga saat ini masih belum ada masyarakat Batu yang positif mengidap corona. “Untuk data terakhir per 21 Maret terdapat 106 ODR (Orang Dalam Resiko) dan 16 ODP (Orang Dalam Pantauan),” tukasnya. (bir/yan)

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas