Berita

PWI Malang Raya Gempar, Ada PWI Kota Batu akan Gelar UKW

Diterbitkan

-

Ketua PWI Malang Raya, Ariful Huda. (dok)
Ketua PWI Malang Raya, Ariful Huda. (dok)

Memontum Kota Malang – Sebuah postingan tentang organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Batu yang berencana menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di grup WhastApp, membuat gempar pengurus PWI Malang Raya. Karena hal tersebut sangatlah tidak mungkin, sebab Kota Batu tidak memiliki kepengurusan dari organisasi PWI melainkan masih menjadi satu dengan Kabupaten/Kota Malang serta Kota Batu ( Malang Raya). Postingan tersebut menyebutkan tentang adanya kegiatan UKW yang diberikan selamat oleh gabungan LSM Kota Batu yang berbunyi.

“Kami gabungan LSM Kota Batu mengucapkan selamat dan sukses PWI Kota Batu. Semoga tetap menjadi organisasi wartawan profesional , berkompeten dan bermartabat. Semoga Sukses Pelaksanaan UKW PWI Kota Batu,” tulis dalam status WhastApp nya.

Ketua PWI Malang Raya M Ariful Hudha angkat bicara dan mengklarifikasi bahwa tidak pernah ada PWI Kota Batu. Para anggota PWI termasuk yang berada di Kota Batu tergabung dalam induk kepengurusan PWI Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu).

Ia pun segera mengkonfirmasi ke pengurus PWI Jatim atas penyelenggaraan UKW yang mengatasnamakan PWI Kota Batu. Arif mengaku telah menyampaikan hal tersebut dan direspon langsung oleh Sekretaris PWI Jatim.

Advertisement

“Saya sudah konfirmasi ke PWI Jatim bahwa di Kota Batu tak ada kegiatan UKW. Di tahun ini tidak ada agenda kegiatan UKW hingga bulan Desember,” tegas Arif.

Arif mengatakan, bahwa PWI sebagai organisasi wartawan tidak berafiliasi dengan LSM. Untuk itu pihaknya mengaku sudah menggelar rapat internal pengurus PWI Malang Raya menelusuri latar belakang munculnya informasi menyesatkan itu. Rapat internal itu sekaligus untuk menentukan keputusan sikap organisasi menindaklanjuti informasi yang bisa mencoreng reputasi PWI Malang Raya.

“Infonya baru saya ketahui tadi malam, Sabtu, (11/7/2020). Langkah yang akan kami ambil masih dibahas bersama jajaran pengurus. Ini juga masih mencari tahu apa motif dan latar belakangnya,” ungkap Arif, Minggu (12/7/2020)

Salah satu anggota PWI yang berdomisi di Kota Batu sekaligus pimred koran harian Regional Jatim, Endik Junaedi menilai ada kejanggalan sehingga mengusik marwah organisasi profesi wartawan itu. Ia pun mendorong pengurus untuk menyelidiki persoalan ini dan mengambil sikap tegas, agar tak menjadi preseden buruk di kemudian hari.

Advertisement

“Perlu dipertanyakan asal usulnya, siapa orang yang mengatasnamakan PWI,” sahut dia.

Sementara itu, Ketua LSM Alap-alap Kota Batu, Gaib Sampurno yang kali pertama memposting informasi itu, saat dikonfirmasi mengatakan, informasi itu ia dapat setelah berbincang dengan salah satu orang yang mengaku dari PWI di sebuah warung makan. Saat ditanya siapa orangnya, ia mengaku tidak ingat nama orang yang mengatasnamakan anggota PWI tersebut.

Hanya saja, lanjut Gaib, orang tersebut akan menggelar UKW yang diprakarsasi PWI Kota Batu. Mendengar kabar itu, dirinya merasa senang dan seketika secara spontan, obrolan itu dijadikan sebagai status whatsapp dan disebar ke sejumlah grup aplikasi perpesanan itu.

“Nggak ingat siapa orangnya. Cuma bilangnya PWI Kota Batu mau ngadakan UKW di Kota Batu. Mendengar itu saya sebagai orang Batu merasa bangga dan mendukung. Makanya saya jadikan status whatsapp,” ujar dia. (bir/yan)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas