Berita

Kota Malang Dilanda Cuaca Dingin, Puncaknya Agustus

Diterbitkan

-

Kota Malang Dilanda Cuaca Dingin, Puncaknya Agustus

Memontum Kota Malang – Sebenarnya sudah menjadi hal yang lumrah dan akan terjadi di setiap tahunnya, karena Kota Malang memang sudah menjadi Kota yang dingin dan sejuk. Beberapa hari belakangan suhu dingin sudah melanda wilayah Malang Raya dan sekitarnya. Seperti yang terjadi di malam hari belakangan ini suhunya bisa mencapai hingga 16 derajat celcius.

Hal tersebut membuat masyarakat Kota Malang mengunggah beberapa story di media sosial terkait dinginnya Kota Malang. Beberapa masyarakat ada yang mengeluh dan juga ada yang menikmatinya karena memang Kota Malang sebenarnya sudah tidak sesejuk dan sedingin ini. Jadi tak sedikit orang juga merasa senang dengan cuaca dingin yang mulai melanda Kota Malang.

Kepala Sub Bagian Observasi dan Informasi (BMKG) Karangploso Malang, Anung Suprayitno saat di konfirmasi pada hari Selasa (28/7/2020) siang, mengungkapkan bahwa sebenarnya ini menjadi hal lumrah dan memang terjadi setiap tahun. Dikatakan bahwa “puncak terdingin umumnya akan terjadi dibulan agustus nanti karena hal ini yang bertepatan dengan wilayah selatan ekuator sedang jauh dari garis edar matahari,” terang kepala sub BMKG Anung Suprayitno.

Ketika bulan agustus nantinya tekanan udara di Belahan Bumi Selatan (BBS) lebih tinggi dari pada Belahan Bumi Utara (BBU) sehingga pola sirkulasi angin bertiup dari selatan ke utara yaitu dari benua Australia ke benua Asia.

Advertisement

“Seiring australia sedang musim dingin maka aliran udara yg melewati wilayah kita bersifat kering dan dingin, hal ini dikenal dengan monsun timuran. Monsun timuran berimplikasi kita berada pada musim kemarau. Jadi suhu dingin pasti terjadi umumnya dimulai sejak mei-september dan puncaknya di bulan agustus,” tambahnya.

Sedangkan suhu dingin dari tahun ke tahun cukup bervariasi, seperti pada tahun 2018 yang sempat terjadi frost. Untuk tahun ini kemungkinan suhu terdingin yang berada di bulan agustus bisa saja mencapai 14 derajat celcius.

Masyarakat sebenarnya sudah terbiasa dan maklum akan perubahan suhu ini maka dari itu biasanya masyarakat menyebutnya dengan istilah bediding atau biasa di kalang anak muda mahasiswa pun juga punya istilah tersendiri yaitu musim maba (Mahasiswa Baru) yang memang biasanya terjadi pada bulan agustus.

Kepala sub BMKG Karangploso Malang juga menambahkan terkait untuk menjaga kesehatan di musim-musim dingin seperti ini “Harus waspada terhadap kesehatan terutama lansia dengan suhu dingin, sisi lainnya ada juga peternakan khususnya unggas yang juga nantinya akan cukup terganggu,” tutupnya. (mg1/yan)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas