Pemerintahan

Calisline SMPN 4 Sidoarjo Masuk Top 45 Kovablik Jatim

Diterbitkan

-

PRESENTASI : Plh Bupati Sidoarjo, Ahmad Zaini memaparkan lewat daring kepada dewan juri terdiri dari akademisi Unair, NGO dan Biro Organisasi Pemprov Jatim soal keunggulan inovasi Calisline di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (26/08/2020).

Memontum Sidoarjo – Baca Tulis Online (Calisline) merupakan inovasi Pemkab Sidoarjo di bidang pendidikan yang dipilih Pemerintah Propinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) masuk dalam kategori Top 45 Kovablik (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) Jatim. Calisline merupakan inovasi yang dibuat SMPN 4 Sidoarjo dengan tujuan meningkatkan literasi baca tulis siswa.

Plh Bupati Sidoarjo, Ahmad Zaini memaparkan lewat daring dihadapan dewan juri terdiri Akademisi Unair, NGO dan Biro Organisasi Pemprov Jatim soal keunggulan inovasi Calisline di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (26/08/2020).

Ada beberapa keunggulan Calisline yang disampaikan Zaini. Diantaranya meningkatkan literasi baca tulis anak didik siswa, pemanfaatan gawai atau gadget oleh siswa untuk menulis dan membaca. Bahkan, seminggu sekali setiap anak diwajibkan membuat satu tulisan yang dimuat di website Calisline.

“Sejak adanya Calisline membuat anak-anak SMPN 4 Sidoarjo lebih produktif dalam menulis. Yang tadinya dalam seminggu hanya ada 135 tulisan, kini targetnya sebanyak 1.194 karya tulis sesuai dengan jumlah siswa. Setelah ada Calisline jumlah karya tulis yang meningkat menjadi 11.363 karya,” ujar Ahmad Zaini, Rabu (26/08/2020).

Advertisement

Selain itu, kata Zaini Pemkab Sidoarjo berencana akan mereplikasi program inovasi Calisline untuk sejumlah SMP Negeri yang ada di Sidoarjo.

“Kami akan mereplikasi ke sekolah (SMP) negeri lainnya. Karena manfaatannya banyak sekali. Calisline ini juga bisa mengalihkan pemanfaatan gadget siswa ke arah yang lebih positif dan produktif,” tegasnya.

Sementara dari poin paparan yang disampaikan Ahmad Zaini dewan juri menilai lewat inovasi Calisline kemampuan menulis siswa SMPN 4 Sidoarjo lebih diperluas lagi. Saat ini rata-rata karya tulis yang masuk dalam website Calisline karakter perlu diperpanjang. “Secara umum dewan juri mengapresiasi inovasi Calisline ini. Karena dinilai inovatif dalam meningkatkan minat baca dan menulis siswa,” tandasnya. (wan/syn)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas