Pendidikan

Tim PKM Polinema Beri Bantuan Mesin Pedal Sealer

Diterbitkan

-

Tim PKM-K Polinema memberikan mesin pedal sealer.
Tim PKM-K Polinema memberikan mesin pedal sealer.

Sosialisasi Pentingnya Pemasaran Online dan Desain Kemasan Produk

Memontum Kota Malang – Tim pengabdian kepada masyarakat-kemitraan (PKM-K) oleh dosen Jurusan Administrasi Niaga yang terdiri dari DR. Dra. Anik Kusmintarti, MM., DR. Baroroh Lestari, S.Sos.,M.AB., Becik Gati Anjari., S,ST.,M.Pd., Jatrifia Ongga Sinatrya, S.S.,M.Hum., dan diketuai oleh Dra. Ita Rifiani Permatasari melakukan
pembinaan kepada sentra marning jagung di Kampung Simpang Teluk Bayur Kota Malang. Hal ini dimaksudkan, demi mengimplementasikan pentingnya pencatatan keuangan, pemasaran online dan juga desain kemasan produk.

Selain itu, tim PKM-K Polinema juga memberikan mesin pedal sealer. Yakni, mesin yang dapat mengatur panas secara otomatis sesuai dengan plastik kemasan. Mesin ini menggunakan teknologi anti over heating atau bisa mengendalikan panas ketika sudah mencapai suhu maksimum.

“Mesin ini sangat berguna untuk kemasan sebuah produk. Tujuannya, agar plastik kemasan yang digunakan tidak mudah meleleh,” ujar Dra. Ita Rifiani Permatasari, Ketua Tim PKM-K.

Ditambahkan, mitra dari kegiatan PKM-K ini adalah produsen yang memasarkan langsung di tokonya sendiri. Seperti salah satunya, Ibu Uswatul Khasanah pemilik Toko Marning Jagung Cahaya dan Bapak Moch Fauzi pemilik Toko Adnan.

Advertisement

Sentra emping marning jagung sendiri, telah ada sejak tahun 1970 yang dipelopori oleh H. Abdul Qadir. Saat itu, proses pembuatan emping marning jagung masih sangat sederhana yaitu dengan cara merebus jagung yang kemudian dibiarkan beberapa lama hingga dingin. Kemudian, jagung rebus itu dipipihkan dan disiram air garam. Baru setelah itu, dikeringkan hingga menjadi krecek lalu digoreng.

“Melalui kegiatan PKM-K ini, diharapkan mitra PKM-K dapat menentukan harga pokok penjualan (HPP), harga jual, mengetahui laba usaha dengan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan sederhana pada telpon genggam. Selain itu, mitra PKM-K dapat memperluas pasar dan pemasaran produk dan bisa mendesain label produk lebih menarik,” tutupnya. (cw2/sit)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas