SEKITAR KITA

Polres Malang Siapkan Tim Cyber Army

Diterbitkan

-

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar.
Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar.

Antisipasi Pelanggaran Dunia Maya Selama Pilkada

Memontum Malang – Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Malang, telah memasuki tahapan kampanye. Hal itu, menjadi perhatian Polres Malang, dalam mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan melalui dunia maya.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, S.I.K., M.H, menyampaikan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama di dunia maya berkaitan dengan kampanye, Polres Malang telah menyiapkan tim cyber. Tujuannya, untuk memantau kemungkinan adanya pelanggaran yang terjadi di dunia maya.

“Kita sudah punya cyber army (julukan bagi tim pengamanan di dunia maya). Salah satu tugasnya nanti, akan memonitor kemungkinan pelanggaran yang dilakukan melalui dunia maya,” kata Kapolres Malang, saat ditemui seusai kegiatan Forum Kamtibmas di Kepanjen, Rabu (30/9) siang.

Ditambahkannya, cyber army ini akan mengawasi lalu lintas di dunia maya. Manakala terdapat kampanye yang digaungkan dengan mengandung unsur sara, hoax dan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka nanti akan kami tindak tegas.

Advertisement

“Dalam pengawasan nantinya, kalau ada indikasi kampanye yang membawa isu sara, hoax dan unsur-unsur yang dilarang oleh undang-undang, maka akan kami lakukan penindakan secara tegas,” tambahnya.

Hendri juga menyampaikan, bahwa hingga saat ini, tim cyber masih belum menemukan pelanggaran yang terjadi berkaitan dengan publikasi kampanye di dunia maya. “Alhamdulillah, sampai saat ini masih blm ada temuan pelanggaran saat kampanye. Khususnya, kampanye yang dilakukan pada platform media sosial,” pungkasnya. (mg2/sit)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas