Probolinggo

Pengunjung dan Pedagang Tak Patuhi Prokes Dilarang Masuk Pasar

Diterbitkan

-

Tim Satgas Pengamanan Covid 19 memberlakukan aturan ketat kepada seluruh pembeli saat berada dalam area pasar.

Memontum Probolinggo – Tim Satgas Pengamanan Covid 19 memberlakukan aturan ketat kepada seluruh pembeli saat berada dalam area pasar, salah satunya menolak pengunjung masuk pasar jika tidak menggunakan masker.

Tim Satgas Pengamanan Covid 19, Agus Efendi mengatakan, pemberlakuan prokes seperti menggunakan masker dan lainnya untuk menjaga kesehatan pembeli dan penjual.

“Pembeli dan pedagang wajib menggunakan masker saat berada dalam lingkungan pasar. Ini kami lakukan untuk melindungi semuanya,” ujar Agus Efendi saat melakukan Sidak ke Pasar Ikan Mayangan Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo

Aturan ini tidak hanya ditujukan untuk pembeli atau pengunjung, tapi juga pedagang. Imbauan penggunaan masker juga disampaikan melalui spanduk agar semua masyarakat mengetahui aturan tersebut demi keamanan dan kesehatan setiap orang.

Advertisement

“Hari ini kita sidak dan masuk ke pasar ikan. Kita periksa pengunjung yang datang baik itu pedagang maupun pembeli, kalau tidak pakai masker maka kita larang masuk di pasar,” katanya, Minggu (13/12/2020).

Menurutnya, pemeriksaan ini sebagai langkah memperketat upaya pencegahan penularan virus corona atau Covid-19 di area di tempat keramaian. Terutama pasar yang dinilai sebagai tempat berkumpulnya orang sehingga rawan penyebaran virus.

“Selain itu kita juga rutin melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan pedagang dan pembeli tetap menggunakan masker,” tegas Agus yang juga Kepala Satpol PP dan Damkar.

Sebelumnya petugas pasar telah membagikan ratusan masker gratis kepada seluruh pedagang. Dengan intens melakukan sosialisasi agar menggunakan masker selama berada dalam area pasar. Untuk membiasakan pedagang dan pembeli menggunakan masker.

Advertisement

Sementara, Kepala DKUPP, Fitriawati mengatakan, semua pasar di wilayah Kota Probolinggo telah diperintahkan untuk memperketat prokes terhadap pengunjung yang datang ke pasar.

“Sudah ada petugas di masing-masing pasar yang melalukan pemantauan dan menegur jika ada pengunjung yang tidak menggunakan masker,” jelasnya.

Salah satu pengunjung, Martin (53) mengatakan, pihaknya terpaksa pulang dulu sebelum ditegur oleh petugas. “Dari pada malu,lebih baik pulang dulu aja,” ujarnya.

Pengunjung lainnya, Lia (25) sempat kaget melihat kedatangan para petugas tadi saat melakukan pemeriksaan kepada semua para pengunjung. ”Untungnya Saya sudah pakai masker dari rumah,” ucapnya. (geo/mzm)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas