Pendidikan

SMK Ibrahimy 2 Sukorejo Miliki Ruang Praktek Siswa Prodi ATP

Diterbitkan

-

POTONG PITA: KHR Achmad Azzaim Ibrahimy, saat meresmikan ruang praktek siswa dan MoU dengan IDUKA. (her/memontum.com)

Memontum Situbondo – Ruang Praktek Siswa (RPS) SMK Ibrahimy 2 Sukorejo diresmikan oleh Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, KHR Ach Azzaim Ibrahimy, dengan prosesi pungguntingan rangkaian bunga melati, Sabtu (16/01) tadi.

SMK Ibrahimy 2 Sukorejo, merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

Hadir dalam acara peresmian RPS tersebut yakni, Ketua Yayasan P2S3, Drs H Mudzakkir A Fatah, Kepala Bidang Pendidikan, Drs Mahmudi Baijuri, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Prov Jatim wilayah Bondowoso-Situbondo, Dr H Sugiono Eksantoso MM serta Ibu Zeiniye S Ag anggota DPR Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PPP yang sekaligus sebagai Ketua Komite Sekolah SMK Ibrahimy 2 Sukorejo, Pengurus Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, GM PTPN XI PG Asembagus, Perusda Banongan, Instalasi Penelitian dan Pengkajian Tehnologi Pertanian (IP2TP) Asembagus, serta Dewan Guru SMK Ibrahimy 2 Sukorejo.

Kepala Sekolah SMK Ibrahimy 2 Sukorejo, Mahrus Ali MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara peresmian RPS menceritakan sejarah SMK Ibrahimy 2 Sukorejo. Di mana, yang didirikan oleh pengasuh ke tiga Ponpes Salafiyah Syafi’iyah, almarhum KHR Ach Fawaid As’ad pada tanggal 30 Mei 2006 dengan satu prodi keahlian yaitu Tehnik Komputer Jaringan (TKJ) yang secara khusus, didedikasikan untuk mewadahi keinginan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo.

Advertisement

“Dengan adanya sistem dengan memadukan antara pendidikan pesantren dengan sistem pendidikan pada umumnya harapannya untuk menyantrikan pelajar, “ujarnya.

Lebih lanjut Mahrus Ali MM mengungkapkan, pada tahun 2015, SMK Ibrahimy 2 Sukorejo membuka keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), hal ini merupakan komitmen kuat dari Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo untuk menyongsong dan menyiapkan generasi pesantren dengan harapan dapat memiliki keahlian di bidang Agribisnis Tanaman Perkebunan,. Sehingga, pada akhirnya akan memberikan manfaat pada kemajuan pertanian masyarakat dan sebagai tenaga profesional dibidang industri perkebunan.

“Sementara tahun 2020, SMK Ibrahimy 2 Sukorejo menerima bantuan DAK Faik, berupa bangunan Ruang Praktek Siswa (RPS) beserta mebelernya untuk jurusan Prodi ATP dan pada tahun yang sama juga menerima bantuan peralatan untuk jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP),” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Bondowoso-Situbondo, Dr H Sugiono Eksantoso MM, dalam sambutannya menyampaikan sarana bantuan RPS dan peralatan pertanian yang diterima oleh SMK Ibrahimy 2 harus benar-benar dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran siswa ATP untuk menyiapkan generasi pelajar yang mumpuni dan siap bekerja dibidangnya secara profesional.

Advertisement

“Seluruh peralatan ATP lebih baik rusak karena dimanfaatkan oleh peserta didik, daripada rusak hanya sekedar dilihat saja. Oleh karena itu, pemerintah telah melaksanakan program revitalisasi SMK dengan tujuan agar meningkatkan peran lembaga pendidikan SMK dalam menyiapkan peserta didik yang lebih produktif dan siap bekerja secara profesional,” imbuhnya.

Masih menurutnya, Prodi yang ada di SMK Ibrahimy 2 Sukorejo, harus benar-benar dikelola dan dikembangkan secara maksimal melalui program-program sekolah yang inovatif, sehingga dapat meningkatkan daya tarik masyarakat pada lembaga ini.

“Bahwa anggapan sementara masyarakat tentang prodi ATP yang hanya semata untuk mencetak pekerja keras atau tukang cangkul saja, hal itu sepenuhnya tidak benar, karena dengan segala potensi yang dimiliki lembaga SMK Ibrahimy 2 Sukorejo melalui prodi ATP ini hakikatnya akan mencetak tenaga-tenaga ahli yang berdasi,” tambahnya.

Sugiono menegaskan, keberadaan RPS ini menandakan kepala sekolah kreatif dan perlu didukung dan back up oleh Pemerintah. Karena jika tidak ada bantuan ke SMK meski wilayah Provinsi proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Sebab, keberadaan RPS tersebut harus terus didukung dengan inovasi dari kepala sekolah, seluruh guru dalam memberikan dan menciptakan atmosfir yang baik dalam menciptakan inovasi lembaga.

Advertisement

“Luar biasa gebrakan kepala sekolah, kami berharap untuk terus berkelanjutan, sepanjang berkegiatan team work berjalan dan terlaksana dengan baik. Karena SMK Ibrahimy 2 Sukorejo menjadi unggulan dan kebanggaan masyarakat Situbondo, sehingga diharapkan bisa membias ke SMK-SMK lainnya,” tegas Sugiono Eksantoso.

Sugiono mengatakan, hadirnya RPS di SMK Ibrahimy 2 Sukorejo, sebagai sinar untuk menerangi SMK lainnya dan menjadikan semua SMK yang ada di Kabupaten Situbondo.

Anggota DPR Dapil 3 Prov Jatim dari Fraksi PPP yang sekaligus Ketua Komite Sekolah, Hj Zeiniye S Ag, menyampaikan bahwa semua stakeholder atau pejabat di Kabupaten Situbondo, harus mendukung untuk pengembangan di lembaga SMK Ibrahimy 2 Sukorejo. Begitu pula, hendaknya PG Asembagus, Perusda Banongan dan KP Balittas mampu mengembangkan anak didik siswa SMK Ibrahimy 2 Sukorejo dengan membantu meningkatkan pembelajaran, edukasi ketika siswa melaksanakan praktek.

“Setelah melaksanakan MoU dan kerjasama perlu ada tindaklanjut guna mendukung pengembangan SMK Ibrahimy 2 Sukorejo, karena hanya satu-satunya lembaga yang membuka prodi pertanian di Kabupaten Situbondo,” ucap Zeiniye.

Advertisement

Taujihat dan Irsyadat dari Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo KHR Ach Azzaim Ibrahimy Lc menyampaikan, bahwa lembaga SMK Ibrahimy 2 Sukorejo merupakan candradimuka bagi generasi mendatang dan jurusan pertanian sudah lama di cita-citakan oleh Almarhum KHR As’ad Syamsul Arifin. “Karena sehebat apapun teknologi dan kecanggihan manusia dalam tehnik rekayasa pada bidang pertanian, harus tetap diletakkan dibawah dasar keimanan kepada Allah SWT,” tuturnya. (her/sit)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas