SEKITAR KITA

Imbangi Sampah, DLHP Bondowoso Rencanakan Penambahan TPA

Diterbitkan

-

Memontum Bondowoso – Bondowoso menghasilkan sampah 62 ton setiap hari. Ini yang terpantau di dalam kota. Mungkin kalau dihitung dengan sampah yang tersebar di seluruh Bondowoso, jumlahnya lebih banyak.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP), Aries Agung Sungkowo di sela-sela acara sarasehan pengelolaan sampah berintegritas, Kamis (28/10/2021) di Aula DLHP.

“Tahun sebelumnya, produksi sampah hanya 40-an ton setiap hari. Tahun ini meningkat menjadi 62 ton. Rata-rata sampah tersebut berasal dari rumah tangga dan pasar,“ jelas Agung, sapaanya.

Pejabat yang pernah menjabat sebagai Camat Tenggarang ini menambahkan, pertumbuhan sampah di Kota Tape ini, seiring dengan pertumbuhan penduduk. Sebab setiap tahun jumlah penduduk terus bertambah.

Advertisement

Dikatakan, pihaknya akan menambah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Karena diprediksi dalam 5 tahun ke depan, TPA yang ada sudah tidak mencukupi. Dalam setahun saja, sampah bertambah 22 ton.

Sampai saat ini, DLHP hanya mempunyai 1 TPA yang ditempatkan di Taman Krocok. Direncanakan, akan menambah TPA lagi seluas 5 hektar. Saat ini pihaknya belum menjelaskan lokasi TPA baru yang akan dibangun.

“Upaya yang telah dilakukan DLHP untuk mengurangi tumpukan sampah dengan menyediakan 35 bak sampah. Agar sampah tidak dibuang sembarangan,” ujar Agung.

Dengan demikian, sampah yang ada di TPA volumenya bisa dikurangi. Disamping itu, pihaknya menggandeng LSM yang peduli terhadap lingkungan.

Advertisement

Diharapkan masyarakat meletakkan sampah pada tempatnya dan tidak membuangnya ke sungai.

DLHP menyelenggarakan Saresahan dengan tema Pengelolaan Sampah Berintegritas. Dihadiri oleh LSM, komunitas dan ormas yang peduli lingkungan.

Hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. (sam/gie)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas