SEKITAR KITA

Ratusan Peserta ASN Idol Siap Curi Perhatian Masyarakat Trenggalek melalui Video Inovasi

Diterbitkan

-

Ratusan Peserta ASN Idol Siap Curi Perhatian Masyarakat Trenggalek melalui Video Inovasi
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek, Eko Juniati. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Ratusan video dalam event ASN Idol tahun 2023, mulai diupload. Seluruh lapisan masyarakat, diharapkan dapat melihat, mencermati dan memberikan penilaian di Channel Youtube Kominfo Trenggalek.

Pada tayangan (video) tersebut, masyarakat dapat melihat bagaimana ide, gagasan, inovasi maupun rencana aksi ASN Kabupaten Trenggalek, untuk diketahui masyarakat luas. Pasca penayangan video yang berisi gagasan, ide maupun inovasi ini, peserta ASN Idol juga mulai berburu like, coment dan penilaian masyarakat Trenggalek. Mengingat, like maupun coment dalam video yang diupload, akan menjadi salah satu indikator, ASN itu bisa lolos dan masuk pada tahapan seleksi jabatan atau tidak.

“Jadi, ASN Idol ini merupakan kelanjutan dari kegiatan assessment (penilaian kompetensi) dari pejabat administrator di lingkup Pemkab Trenggalek. Diantaranya, eselon 3A, 3B hingga pelaksana,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek, Eko Juniati, saat dikonfirmasi, Sabtu (18/02/2023) siang.

Baca juga:

Advertisement

Dirinya menyebut, tujuan terselenggaranya ASN Idol, ini juga berkaitan dengan Merit System. Dimana, ini merupakan salah satu sistem dalam manajemen sumber daya manusia yang menjadikan kualifikasi, kompetensi dan kinerja sebagai pertimbangan utama dalam proses perencanaan, perekrutan, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin dan pensiun pegawai.

“Artinya, Pemerintah Daerah harus mengukur kompetensi, potensi maupun kinerja ASN di Kabupaten Trenggalek,” imbuhnya.

Kepala BKD Trenggalek ini menyampaikan, jika pelaksanaan ASN Idol terbagi menjadi 2 tahapan. Tahap pertama adalah penilaian dari masyarakat melalui video yang di upload. Selanjutnya, komentar dan penilaian masyarakat yang diberikan pada video tersebut akan dinilai oleh tim yang terdiri dari 9 orang. Sedangkan tahap kedua, juga akan kembali dilakukan penilaian oleh tim yang berjumlah 7 orang.

“Untuk tim yang ditunjuk dalam ASN Idol, ini adalah tim penilai kinerja dan OPD Sub Supporting System dari Dinas Kominfo, BKD dan Bappeda Kabupaten Trenggalek,” kata Eko.

Saat ini, tambahnya, masyarakat diharapkan untuk berperan aktif mengamati siapa saja dan gagasan apa yang nantinya menjadi harapan. Demi terwujudnya Kabupaten Trenggalek yang semakin Meroket.

Advertisement

Dari target sejumlah 128, lanjut Eko, hingga Jumat (17/02/2023) kemarin, sedikitnya sudah ada 116 ASN yang mengirimkan video gagasannya ke BKD Trenggalek. Dari jumlah 116 ASN, sudah ada 220 video yang ditayangkan. Mengingat, masing-masing ASN harus mengirimkan dua jenis video dengan tema gagasan inovasi yang berbeda.

“Sesuai ketentuan, ada tiga tema yang bisa dipilih peserta ASN Idol. Tema yang pertama yakni pelestarian alam atau kelestarian lingkungan, tema kedua pendekatan pelayanan kepada masyarakat dan tema ketiga adalah pengentasan kemiskinan ekstrim,” terangnya. (mil/sit)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas