Kediri

Dorong Gen Z dan Alpha Lebih Aktif, Kemenpora RI dan Disbudparpora Kota Kediri Gelar FOP

Diterbitkan

-

FOP: Salah satu lomba atau kegiatan dalam FOB. (pemkot for memontum)

Memontum Kota Kediri – Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Republik Indonesia dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri menginisiasi Festival Olah Raga Pendidikan (FOP) Ngronggo Sport Art Center (NSAC), Rabu (25/09/2024) tadi.

FOP ini dilaksanakan, guna mendorong Gen Z dan Alpha lebih aktif dan menjadikan olah raga menjadi bagian dari gaya hidup sehat.

Festival sendiri, diisi dengan beragam perlombaan dan kegiatan olah raga kreatif. Kompetisi tersebut, meliputi estafet halang rintang, lompat tali, bola keranjang, frog jump, goboy dan tic tac toe yang diikuti oleh sedikitnya 1 ribu peserta yakni 250 siswa SMA sederajat, 250 siswa SMP sederajat dan 500 siswa SD sederajat di Kota Kediri.

Tenaga Ahli Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Imam Gunawan, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan mendorong generasi muda untuk bergerak. “Dengan beragam perlombaan dan kegiatan olah raga kreatif, FOP bertujuan mengajak generasi muda berpartisipasi dan menjadikan olahraga bagian dari gaya hidup sehat, sekaligus membangun karakter positif di kalangan mereka,” katanya.

Advertisement

Baca juga :

Dirinya juga menambahkan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi setiap daerah untuk menyelenggarakan kegiatan serupa. “Kegiatan ini merupakan instrumen untuk membantu pencapaian tujuan pendidikan, membangun jiwa, raga, mental dan karakter anak bangsa. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut di setiap daerah di Indonesia, termasuk di Kota Kediri,” ungkapnya.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Zachrie Ahmad, dalam momen itu menyambut baik kegiatan yang positif ini. “Kami sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh Kemenpora RI. Sebab, tidak semua daerah mendapatkan kesempatan yang sama. Kami akan terus menjalin komunikasi dengan Kemenpora RI, sehingga harapannya FOP ini dapat menjadi agenda tahunan,” ujarnya.

Animo peserta yang luar biasa dalam giat ini, menandakan bahwa kegiatan semacam ini sangat dinantikan oleh siswa di Kota Kediri. Tidak hanya untuk aktualisasi diri melalui kompetisi, tetapi juga untuk membudayakan gerakan hidup sehat.

Zachrie berpesan kepada masyarakat, supaya sejak dini untuk selalu menggerakkan badannya dan tidak terlena dengan kemajuan teknologi yang ada. “Buang jauh-jauh mager, mari bergerak bersama, sehatkan jiwa dan raga,” tambah pria yang akrab disapa Ayik ini.

Advertisement

Sebagai informasi, kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni Rabu (25/09/2024) untuk peserta SMP dan SMA sederajat, kemudian Kamis (26/09/2024) besok, bagi jenjang SD sederajat. (kom/pan/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas