Lumajang

Jelang Masa Tugas 2024-2029, DPRD Lumajang Ikuti Pelaksanaan Bimtek di Kota Malang

Diterbitkan

-

BIMTEK: Foto bersama di sela pelaksanaan Bimtek DPRD Kabupaten Lumajang. (ist)

Memontum Lumajang – Anggota DPRD Kabupaten Lumajang periode 2024-2029, memulai masa tugas mereka dengan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), yang dilaksanakan selama tiga hari di Kota Malang. Pelaksanaan kegiatan ini, bertujuan untuk mempersiapkan anggota dewan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas mereka secara efektif.

Pelaksanaan Bimtek yang diselenggarakan dari tanggal 14 hingga 16 September 2024 itu, diadakan di sebuah hotel ternama di Kota Malang. Kegiatan ini, melibatkan seluruh anggota DPRD Kabupaten Lumajang yang baru terpilih serta sejumlah nara sumber dan fasilitator berpengalaman dari berbagai lembaga.

Sekretaris DPRD Kabupaten Lumajang, Mahfud, mengatakan bahwa Bimtek yang diselenggarakan itu sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh anggota dewan, dapat memahami tugas dan tanggung jawab mereka serta memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan fungsi legislasi. Diantaranya, seperti kontrol dan pengawasan anggaran dengan baik.

“Kami berharap, melalui Bimtek ini seluruh anggota DPRD Lumajang bisa membangun sinergi dan efektivitas kerja yang lebih baik di masa mendatang,” kata Mahfud, Selasa (17/09/2024) tadi.

Advertisement

Baca juga :

Ditambahkannya, bahwa Bimtek yang digelar itu mencakup berbagai materi penting. Termasuk, pemahaman mengenai peraturan perundang-undangan, tata kelola pemerintahan daerah, teknik pembuatan undang-undang daerah serta strategi pengawasan dan perencanaan anggaran.

Selain itu, tambahnya, para peserta juga akan mendapatkan pelatihan mengenai keterampilan komunikasi dan manajemen waktu, yang dianggap krusial dalam menjalankan tugas mereka sehari-hari. “Pelatihan ini juga merupakan kesempatan bagi anggota dewan, untuk bertukar pengalaman dan membangun jaringan kerja yang solid. Kami percaya bahwa dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, mereka akan dapat bekerja lebih efektif dalam mewakili aspirasi masyarakat,” tambah Mahfud.

Melalui acara Bimtek ini, lanjutnya, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kinerja DPRD Kabupaten Lumajang. Dengan pengetahuan yang lebih mendalam tentang tugas dan tanggung jawab mereka, maka anggota DPRD diharapkan dapat lebih optimal dalam menjalankan peran mereka dalam proses pembuatan kebijakan dan pengawasan pemerintah daerah.

Masih menurut Mahfud, bahwa para peserta Bimtek juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan para nara sumber mengenai berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas mereka. Kegiatan ini, dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan praktis agar anggota dewan dapat menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri dan efektif. (adi/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas