Kabupaten Malang

14 Puskesmas dan Pustu di Kabupaten Malang Digelontor Rehab, Desember Ditarget Rampung

Diterbitkan

-

ALOKASI: Besaran angka rehab untuk Puskesmas dan Pustu. (ist)

Memontum Malang – Sekitar 14 Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kabupaten Malang, digelontor bantuan rehab oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang di tahun 2024. Adapun jumlahnya, yaitu terdiri dari enam Puskesmas dan delapan Pustu.

Beberapa Puskesmas yang diberi alokasi untuk rehab itu, diantaranya seperti Puskesmas Jabung, Puskesmas Pamotan-Dampit, Puskesmas Singosari, Puskesmas Sumbermanjing Kulon-Pagak, Puskesmas Turen dan Puskesmas Wonokerto-Bantur. Sementara untuk Pustu, diantaranya seperti Pustu Banjarejo-Pagelaran, Pustu Permanu-Pakisaji, Pustu Tegalgondo-Karangploso, Pustu Kalirejo-Kalipare, Pustu Pajaran-Poncokusumo, Pustu Pujiharjo-Turtiyudi dan Pustu Klampok-Singosari.

Mengenai besaran anggaran rehab, diketahui sangat bervariasi. Seperti rehab Puskesmas, nilai yang diberikan rata-rata di angka Rp 100 juta. Khusus Puskesmas Pamotan di angka Rp 194 juta, sementara Puskesmas Singosari Rp 200 juta, Puskesmas Turen Rp 154 juta dan Puskesmas Wonokerto Rp 150 juta.

Sementara untuk rehab Pustu, berada di angka rata-rata tidak jauh berbeda, yaitu Rp 100 juta. Meskipun, ada beberapa juga memiliki nilai anggaran tinggi. Seperti Pustu Pajaran dan Pustu Pujiharjo, di angka Rp 150 juta.

Advertisement

Baca juga :

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, Puji Hadi Prasetyo, mengatakan bahwa pelaksanaan rehabilitasi yang dilakukan itu sekarang masih berlangsung. Karenanya, diharapkan pada Desember nanti, sejumlah rehabilitasi itu sudah selesai.

“Targetnya, awal Desember nanti semua rehab akan selesai. Sehingga, layanan maksimal untuk masyarakat di penghujung tahun, pun tetap maksimal. Setidaknya, Januari sudah tidak ada kendala,” katanya, Senin (14/10/2024) tadi.

Disinggung mengenai besaran anggaran, Puji menjelaskan, bahwa semua tergantung dari kebutuhan di lokasi. Karenanya, nilai penerima anggaran rehab memiliki variasi. Tergantung, bagaimana tingkat kerusakan yang terjadi.

“Biasanya dengan anggaran senilai itu, Puskesmas atau Pustu akan mengalokasikan untuk atap hingga dinding. Namun, semua tergantung dari pengajuan awal. Mengingat, kerusakan yang terjadi sangat bervariasi,” ujarnya. (sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas