Kota Malang

Tingkatkan Pembangunan Fasilitas Olah Raga, Pemkot Malang Susun Desain Olah Raga Daerah

Diterbitkan

-

Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, mulai menyusun Desain Olah Raga Daerah (DOD). Itu dilakukan, untuk mendukung pengembangan olah raga di tingkat lokal Kota Malang.

Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi, menjelaskan bahwa penyusunan DOD ini merupakan tindak lanjut dari amanat Peraturan Presiden No. 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olah Raga Nasional (DBON). “Penyusunan DOD ini penting untuk memastikan pembangunan olah raga di Kota Malang sejalan dengan skala nasional dan berkelanjutan,” kata Baihaqi, Jumat (18/10/2024) tadi.

Baihaqi menambahkan, bahwa DOD menjadi salah satu syarat utama bagi Pemkot Malang, untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat, terutama dalam rencana renovasi Stadion Gajayana. Sebelumnya, pengajuan dana tersebut terkendala karena Kota Malang belum memiliki DOD.

Baca juga :

Advertisement

Targetnya, DOD Kota Malang rampung pada tahun 2025. Dengan adanya DOD, pengembangan olah raga di Kota Malang, akan lebih terarah dan memudahkan pengajuan dana ke pemerintah pusat jika diperlukan.

“Saat ini, renovasi fasilitas seperti Stadion Gajayana dan GOR Ken Arok masih menggunakan APBD. Jika ingin ditingkatkan ke standar nasional atau internasional, DOD akan menjadi panduan yang jelas,” jelas Baihaqi.

Selain itu, ditambahkannya jika Kota Malang yang beberapa kali menjadi tuan rumah berbagai kompetisi nasional akan kembali menyelenggarakan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) pada 2025. Hal ini menunjukkan kesiapan Kota Malang dalam menyediakan sarana dan prasarana olah raga yang memadai.

“DOD akan mendetailkan arah dan rencana pembangunan olah raga di Kota Malang, termasuk peningkatan fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan olah raga,” imbuh Baihaqi. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas