Blitar

Polres Blitar Kota Kerahkan 350 Personil Amankan Pilgub Jatim

Diterbitkan

-

Polres Blitar Kota Kerahkan 350 Personil Amankan Pilgub Jatim

Memontum Blitar — Polres Blitar Kota mengelar simulasi Sispam (Sistem Pengamanan) Kota dalam rangka pengamanan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Simulasi yang melibatkan 350 personil gabungan Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP ini, digelar di depan Kantor Wali Kota Blitar, Senin (12/02/2018).

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar menegaskan, bahwa Polres Blitar Kota sudah siap mengamankan proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Polisi akan mengamankan semua tahapan proses Pilgub Jatim di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

“Kami sudah siap mengamankan semua tahapan Pilgub Jatim di Kota Blitar”, kata Adewira, Senin (12/02/2018).

Pantauan di lapangan, dalam simulasi tersebut diperagakan seluruh tahapan Pilgub, dan sejumlah kerusuhan serta potensi kerawanan pelaksanaan Pilgub, namun semuanya bisa dikendalikan personel kepolisian. Simulasi ini dimulai dari proses kampanye, masa tenang, pencoblosan di TPS, hingga masa perhitungan suara di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Advertisement

Dalam adegan simulasi tersebut, ditunjukkan adanya provokator yang membuat kerusuhan saat pesta demokrasi tingkat provinsi itu akan dimulai. Dari proses pencoblosan di TPS, penghitungan suara di TPS yang diprotes warga, karena dinilai tidak adil. Kemudian dilanjutkan perampasan kotak suara di tengah jalan oleh orang tidak dikenal, hingga terjadi duel dengan aparat, bahkan sampai dilakukan pengejaran oleh anggota Satreskrim Polres Blitar Kota. Namun akhirnya pelaku bisa dilumpuhkan anggota Satreskrim Polres Blitar Kota.

Di depan Kantor KPU Kota Blitar, ribuan massa yang tidak puas dengan keputusan KPU melakukan aksi unjuk rasa yang berujung bentrok dengan pihak aparat Polres Blitar Kota. Dalam aksi unjuk rasa besar-besaran tersebut, digambarkan massa beringas hingga terjadi bentrok dengan pasukan Pengendali masa (Dalmas). Bahkan sempat melumpuhkan aktivitas di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Dengan kesigapan personel Polres Blitar Kota, maka massa yang hendak membakar Kantor KPU Kota Blitar bisa dihalau pasukan Dalmas. Dengan gas air mata dan Water Canon, akhirnya massa yang beringas bisa dipukul mundur hingga kocar-kacir.

Dalam operasi gabungan besar-besaran usai penghitungan suara, petugas bertemu dengan ribuan massa merasa tidak puas dengan hasil pungutan suara. Massa menghadang rombongan operasi gabungan, petugas memperingati massa namun massa tidak menghiraukan. Karena massa beringas pasukan penembak Polres Blitar Kota memberi peringatan tembakan sebanyak tiga kali. Namun massa tidak mengindahkan peringatan tersebut, dan akhirnya polisi melumpuhkan provokator dengan cara menembak kaki provokatar, karena berusaha menyerang polisi. (jar/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas