Kediri

Hari Jadi Kediri Dimeriahkan Ratusan Penari Kolosal, Bupati: Saya Berharap Selalu Ada Inovasi Tarian Baru

Diterbitkan

-

Hari Jadi Kediri Dimeriahkan Ratusan Penari Kolosal, Bupati Saya Berharap Selalu Ada Inovasi Tarian Baru

Memontum Kediri — Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1214 yang diselenggarakan diarea Simpang Lima Gumul (SLG) diwarnai dengan tari kolosal Minggu (25/3/2018). Ribuan masyarakat Kabupaten Kediri memadati area kawasan SLG sejak pagi hari, masyarkat seperti terhipnotis dengan tarian kolosal yang melibatkan anak-anak SD hingga SMP se Kabupaten Kediri.

Awal prosesi Hari Jadi Kabupaten Kediri tamu undangan disuguhi Tari Gambyong Kediren, Tari Kucingan, yang dibawakan siswa SMP se-kab kediri yang berjumlah 325 orang, dan Tari Penthul Marucul 1214 siswa SD se-Kabupaten Kediri. Pada konsep tari kolosal itu ditampilkan berbagai tarian sejarah kisah Kediri, yang digali dari sejaran Kediri masa lalu, seperti sinopsis penyerahan “Prasasti Harinjing” menandai Hari Jadi Kabupaten Kediri yang menggabarkan terbentuknya kerajaan Kediri kala itu.

Bahkan dalam iring-iringan tarian tersebut membawa replika Prasasti Harinjing yang merupakan bukti sejarah tentang Hari Jadi Kediri, dan juga dibacakan isi dari Prasasti Harinjing, beserta terjemahannya. Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno mengatakan, dalam usianya yang lebih dari 12 abad ini, Kabupaten Kediri sedikit demi sedikit terus membangun hingga berkembang seperti saat ini.”Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras dan partisipasi jajaran Pemkab Kediri, serta seluruh masyarakat Kabupaten Kediri dalam pembangunan yang telah dan akan terus kita laksanakan bersama,” jelas dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

Lebih lanjut Bupati menegaskan, kegiatan hari ini, sesuai yang diinginkan Kabupaten Kediri yang setiap tahunnya bertambah maju, terbukti antusias masyarakat mulai dari awal menyaksikan berbagai tarian tradisional budaya kita. “Masyarakat kita semua bisa tahu bahwa, hari ini tanggal 25 Maret merupakan Ulang Tahunnya Kabupaten Kediri,” ucapnya.

Advertisement

Bupati berharap, pada tahun mendatang semakin banyak tarian-tarian yang ditampilkan, juga muncul komunitas-komunitas lain yang ikut berpartisipasi meramaikan hari Jadi Kabupaten Kediri, setiap peringatan hari jadi Kediri bertambah ramai lagi, “Dengan semangat Bagawanta Bahari terus menerus untuk bisa lebih baik lagi,”ungkapnya.

Hadir dalam acara ini, selain Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno, Dandim Kediri, Letkol (Kav) Dwi Agus Sutrisno, Ketua DPRD Kabupaten Kediri H.M.Sulkani serta Kepala OPD se Kabupaten Kediri, juga hadir hadir mantan Bupati Kediri pereode 1990 an yakni H. Letkol. Ruspanji beserta Istri dan mantan ketua DPRD Kabupaten Kediri.

Puncak acara Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke 1214, masyarakat Kabupaten Kediri masih disuguhi acara lain diantaranya, Kelud Adventure Trail, lari 10 k (SMA dan SMP) dan lari 2K (difable) tanggal 1 Maret, MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an), dan juga Jambore Sepeda Kediri. (aji/nay)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas