Bondowoso

Bentor Kecelakaan Tidak Dapat Santunan Jasa Raharja

Diterbitkan

-

Bentor Kecelakaan Tidak Dapat Santunan Jasa Raharja

Memontum Bondowoso — Seluruh kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor, baik roda dua atau lebih, korbannya akan mendapat santunan dari Jasa Raharja, kecuali Bentor (Becak Motor) dan yang sejenisnya. Informasi itu disampaikan Rudi Kritian, petugas Jasa Raharja Bondowoso yang dibenarkan oleh Kanit Regident Satlantas Polres Bondowoso, Ipda Donny Ariyadi SH, saat interaktif di Radio Mahardika FM kemarin.

Menurut Rudi, Bentor telah menyalahi aturan. Seharusnya kendaraan ini dan sejenisnya tidak boleh beroperasi di jalan raya. Kendaraan ini tidak terdaftar di Samsat, sehingga tidak pernah membayar premi asuransi.

“Logikanya, kendaraan jenis ini tidak dilengkapi surat-surat seperti STNK dan BPKB. Secara otomatis tidak terdaftar di Samsat. Dan tentu juga tidak pernah membayar premiasuransi,” kata Rudi. Hal yang sama diungkapkan oleh Kanit Regident Satlantas Polres Bondowoso Ipda Donny Ariyadi SH. Menurutnya kendaraan jenis tidak memiliki spesifikasi yang menjamin keselamatan penumpangnya.

“Kendaraan jenis ini tidak terdaftar di Samsat dan tidak mempunyai Nopol (plat nomor–red). Polisi pasti akan kesulitan ketika akan melakukan cheking administrasisaat terjadi kecelakaan di jalan raya,” kata Donny. Polisi kelahiran Banyuwangi ini menambahkan, untuk saling menjaga keselamatan sesamapengguna jalan, sebaiknya kendaraan Bentor dan sejenisnya jangan beroperasi di jalan raya, karena sangat membahayakan.

Advertisement

Dalam interaktif itu juga hadir Adpel PKB dan BBNKB UPT Bapenda Prov Jatim Ponang Undhagi SH yang mempunyai program pemutihan. Menurut Ponang, Bentor dan sejenisnya tidak bisa melakukan pemutihan. “Kendaraan yang bisa dilakukan pemutihan, apabila terdaftar di Samsat. Kalau tidak terdaftar di Samsat, kendaraan jenis apapun tidak bias melakukan pemutihan,” kata Ponang kemarin. (sam/nay)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas