Bondowoso

Warga Jakarta Curi Kotak Amal di Bondowoso

Diterbitkan

-

Warga Jakarta Curi Kotak Amal di Bondowoso

Memontum Bondowoso — Aksi pencurian kotak amal yang meresahkan masyarakat dibeberapa wilayah Kabupaten Bondowoso, akhirnya terbongkar. Polisi berhasil membekuk pelakunya yang mengaku sudah beraksi di 4 Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Tersangkanya adalah Eko Yulianto (37) Warga Kelapa Gading Jakarta Utara. Kepada penyidik tersangka mengaku melakukan pencurian kotal amal di masjid sejak di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) oleh bosnya. Eko mengaku sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan. Karena menganggur sementara kebutuhan terus mengalir, ahirnya tidak ada pilihan lain kecuali mencuri.

“Pertama kali saya mencuri kotak amal di wilayah Gersik, terus kearah timur, pesisnya di Sidoarjo. Setelah itu bergerak ke ujung timur Jawa Timur Banyuwangi. Terahir di Desa Besuk Kecamatan Klabang”, kata Eko.

Menurut pengakuannya, setiap beraksi, pelaku selalu memilih waktu malam hari atau dini hari saat suasana sudah sepi. Pelaku langsung menggasak kotak amal yang berada di dalam masjid maupun Mushola. Kemudian Eko hanya mengambil uangnya saja, lalu membuang kotak amal tak jauh dari lokasi. Tersangka berhasil tertangkap setelah salahsatu warga curiga dengan gelagatnya saat berada di dalam Masjid Ijtihat Desa Besuk.

Advertisement

Yakin tujuan tersangka hendak mencuri, saksi kemudian menghubungi sejumlah warga dan mengintai dari kejauhan. Saat hendak kabur, warga kemudian menyergap dan membawanya ke Polsek Klabang.

Kapolsek Klabang, Iptu Hadi Sukisman saat dikonfirmasi membenarkan telah mengamankan tersangka dan barang buktinya. ”Tersangka mengaku sudah beberapa kali melakukan pencurian kotak amal di masjid”, kata Hadi. (sam/nay)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas