Lamongan

Menlu Belanda Sebut Indonesia Teladan Bagi Dunia

Diterbitkan

-

Menlu Belanda Sebut Indonesia Teladan Bagi Dunia

Memontum Lamongan – Menteri Luar Negeri Kerajaan Belanda Stephanus Abraham Blok menyebut Indonesia memberi teladan bagi dunia dalam menangani terorisme. Itu disampaikannya saat mengunjungi Yayasan Lingkar Perdamaian (YPI) yang didirikan eks kombatan Ust Ali Fauzi di Desa Tenggulun Kecamatan Solokuro, Rabu (4/7/2018).

“Indonesia memberikan teladan kepada Dunia menunjukkan bagaimana Indonesia bisa mencari cara untuk menghadapi dan menanggulangi radikalisme sedemikian rupa sehingga menjadi teladan dunia,” katanya.

Dikatakannya, Indonesia yang mempunyai banyak pengalaman dengan serangan terorisme, sudah banyak sekali memiliki pengalaman dalam melakukan deradikalisasi.

“Ini sangat berkesan di hati saya karena seumur-umur saya tidak pernah membayangkan saya akan menjabat tangan dengan sedemikian banyak mantan teroris,” ucapnya.

Advertisement

Menurutnya, dalam melawan paham radikalisme dan terorisme pemerintah tidak bisa efektif dengan hanya mengandalkan hukuman, atau hard power bagi pelakunya. Pemerintah, harus menunjukkan bahwa ada opsi lain, melalui edukasi, bahwa ada opsi lain untuk kehidupan yang lebih baik, atau melalui pendekatan soft power.

“Yang pertama tentunya bagian mereka dihukum, namun setelah itu bagaimana caranya mereka bisa dikembalikan ke tengah masyarakat dan diberikan kesempatan ke dua untuk hidup lebih baik. Karena Pemerintah itu tidak bisa bekerja secara efektif apabila menggunakan hukuman, harus juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa pilihan yang terbaik adalah kalau kita memilih untuk membina keluarga kita untuk mendidik anak-anak kita demi masa depan yang lebih indah,” paparnya

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas