Kota Malang

Ini Lohh Kampung Edukasi di RW 8 Sama’an

Diterbitkan

-

Ini Lohh Kampung Edukasi di RW 8 Sama'an

Memontum Kota Malang – Terinspirasi beberapa kampung tematik di Kota Malang, RW 8 Sama’an mencoba membuat inovasi Kampung Edukasi, sekaligus memperkuat sisi Kota Malang sebagai kota pendidikan. Berbekal potensi beberapa lembaga pendidikan di wilayahnya seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK) dan rumah belajar untuk les sekolah dengan biaya sukarela, semakin menambah greget warganya. Selain itu, Kampung ‘Sama’an’ Edukasi ini sempat masuk 16 besar lomba Kampung Tematik di wilayah kota Malang.

Didorong oleh keinginan luhur, warga RW 8 Kelurahan Sama’an, Kecamatan Klojen, yang terdiri dari 312 Kepala Keluarga dalam 6 RT, akhirnya mulai berbenah. Bak gayung bersambut, pengurus RW dan karang taruna pun melakukan pendataan dan pembuatan program Kampung Sama’an menjadi Kampung Edukasi.

Membuka kembali ingatan sejarah dengan tema kerajaan

Membuka kembali ingatan sejarah dengan tema kerajaan

“Cikal bakalnya berawal dari keberadaan yayasan pendidikan yang dimiliki warga kami, hingga bisa membuka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), dan rumah belajar untuk les sekolah dengan biaya sukarela. Atas dasar itu, warga kami merasa bahwa Kampung Samaan ini memiliki potensi pendidikan (edukasi) yang cukup besar untuk menjadikan Kampung Edukasi,” jelas Ketua RW 8 Sama’an, Rahman Nula Idris kepada Memo X (Grup Memontum.com).

Selain misi visi RW 8 menciptakan kampung tematik yang mendidik (edukasi), juga menggali sisi budaya dengan membedah sejarah Sama’an sebagai bahan literasi edukasi.

“Di wilayah kami ini cukup banyak situs, peninggalan, dan sejarah yang menyangkut perkembangan kota Malang dari jaman penjajahan hingga saat ini sebagai bahan literasi sejarah. Bahkan sekitar 60 persen sejarah Kota Malang ini ada di Sama’an,” ungkap kontraktor dan pengusaha property ini.

Advertisement

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas