Probolinggo

Gema Insani Kota Probolinggo Motivasi Anak Konsumsi Ikan

Diterbitkan

-

Gema Insani Kota Probolinggo Motivasi Anak Konsumsi Ikan

Memontum Kota Probolinggo – Dua TK menjadi sasaran, pada pagi waktu itu,yakni di TK Mustika Bunda, Jalan Sunan Muria No. 46 dan TK Mega Cerita di Jalan Cokroaminoto Gang Meranggi. Kedua TK itu berada di wilayah Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran. Sebanyak 85 anak anak siswa ikut kegiatan Gema Insani, Kamis (27/9/2018).

Dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dan memperkenalkan berbagai jenis makanan berbahan dasar ikan, sekaligus mengajak masayarakat untuk menggemari dan menyukai menu berbahan ikan. Pemerintah Kota Probolinggo menggelar kegiatan Gema Insani (Gerakan Makan Ikan Sumber Protein Hewani).

Walikota Probolinggo Rukmini menyebutkan angka konsumsi ikan masyarakat Kota Probolinggo pada tahun 2017 sebesar 33,70 kg per kapita. Hal ini jauh dari target nasional yang mencapai 43,15 kg per kapita. Namun Kota Probolinggo sudah masuk peringkat tertinggi di Provinsi Jawa Timur. Salah satu cara meningkatkan konsumsi ikan dengan mengkampanyekan makan ikan melalui giat Gema Insani ini.

“Kota Probolinggo memiliki potensi perikanan yang besar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, mereka dapat lebih mengenal dan menyukai menu makanan berbahan ikan dan selalu ingatkan anak – anak kita untuk selalu mengkonsumsi ikan,”harapnya.

Advertisement

Tri Wahyuni Bambang Agus, Ketua Forikan Kota Probolinggo menjelaskan usia anak – anak merupakan usia emas atau golden age. Pada usia ini balita memerlukan asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan tubuh khususnya perkembangan otak salah satunya dengan mengkonsumsi ikan. Karena ikan memiliki nilai kandungan gizi yang tinggi dan baik bagi anak – anak pada masa pertumbuhan.

Ia mengimbau orang tua agar selalu menyediakan menu berbahan ikan di meja makan agar anak – anak kita senang dengan olahan ikan. “Semakin banyak otak menerima asupan gizi seperti DHA dan EPA maka otak akan berkembang dengan baik sehingga anak semakin cerdas, sehat dan pintar,” tutupnya.

Trilya Yuliana, Kabid Pengembangan Usaha Dinas Perikanan mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan potensi sumber daya perikanan Kota Probolinggo, memperkenalkan olahan hasil perikanan kepada masyarakat.

“Meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat Kota Probolinggo,”imbuhnya.

Advertisement

Pagi tadi, para anak – anak TK Mustika Bunda dan TK Mega Ceria mendapatkan produk – produk olahan hasil perikanan seperti nugget ikan, kerupuk ikan, abon ikan, ikan asap, pempek yang sudah dikemas dalam tas sekolah.(geo/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas