Probolinggo

150 Atlet Jatim Meriahkan Horseback Archery Wali Kota Cup 2023 Kota Probolinggo

Diterbitkan

-

Memontum Probolinggo – Pemerintah Kota Probolinggo bersama Persatuan Olah Raga Berkuda Indonesia (Pordasi) Kota Probolinggo, menggelar Horseback Archery Wali Kota Cup 2023 di Lapangan Jalan Progo, Kelurahan Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok, Sabtu (10/06/2023) pagi. Kegiatan ini, mendapat dukungan penuh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Probolinggo.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari atau mulai 10 hingga 11 Juni 2023, diikuti 152 peserta dari 13 kabupaten atau kota di Provinsi Jawa Timur. Adapun kelompok usianya, terdiri dari usia 15 hingga 20 tahun, dengan jumlah peserta 54 putra dan 46 putri.

Sedangkan kategori yang dipertandingkan adalah Horseback Archery (HBA) On Ground dan Horseback Archery (HBA) On Horse. “Kompetisi ini diadakan untuk menjalin ukhuwah di antara para penggiat dan para atlet archery khususnya di Kota Probolinggo sebagai olahraga yang baru. Kita semua yakin bahwa olah raga ini akan dikembangkan untuk menjadi lumbung dari medali di masa mendatang dan terus semangat untuk meraih prestasi,” kata Ketua Panitia, Pandu Prajoko Timur.

Dibandingkan tahun 2022 lalu, Pandu menilai, perkembangan Horseback Archery di Kota Probolinggo, saat ini sangat signifikan. Dirinua menceritakan saat mengikuti Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) VII Jatim tahun 2022, Horseback Archery hanya diikuti tiga peserta putri dan sekarang ini telah memiliki 9 atlet.

Advertisement

“Ini luar biasa. Artinya perkembangan Horseback Archery terutama on horse begitu luar biasa. Mudah-mudahan kita siap menyongsong Porprov dan PON ke depan,” bebernya.

Baca juga :

Adapun total hadiah yang akan diperebutkan di Horseback Archery Wali Kota Cup 2023, berupa uang pembinaan senilai Rp 30 juta dan medali bagi Juara I, II dan III. Sementara sistem pertandingan menggunakan sistem endurance, yakni menggunakan ketentuan waktu.

“Misal kita pakai waktu 2 jam, peserta akan selesai di beberapa rambahan, 1 rambahan memakai 7 anak panah (arrow). Ini pada sistem babak penyisihan untuk duduk di 16 besar. Kemudian akan dirangking kembali hingga berada di 8 besar dan 4 besar. Nantinya diadu kembali untuk memperebutkan Juara I, II dan III,” ungkap Pandu.

Advertisement

Pandu menargetkan, kontingen Kota Probolinggo bisa meraih juara dalam Horseback Archery Wali Kota Cup 2023. “Targetnya atlet Kota Probolinggo bisa naik podium meraih juara. Mudah-mudahan bisa mendapat medali emas dan perak,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Probolinggo, Rahadian Juniardi, mengapresiasi kejuaraan ini. “Dengan penyelenggaraan Wali Kota Cup 2023 ini kami berharap bisa mencetak atlet-atlet hingga tingkat nasional dan internasional. Selain itu, juga bisa menggerakkan perekonomian di wilayah Kota Probolinggo, mulai dari UMKM, penginapan (hotel) dan sebagainya. Dan, masyarakat akan semakin mengenal olahraga Horseback Archery (HBA) ini,” jelasnya. (kom/pix/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas