Jember

Bupati Faida Ajak Jadikan Batik Jember Sebagai Identitas

Diterbitkan

-

Bupati Faida Ajak Jadikan Batik Jember Sebagai Identitas

Memontum Jember – Batik telah menjadi warisan budaya Bangsa Indonesia, Motif batik memiliki ciri khas setiap daerah, Di Jember, batik bermotif daun tembakau. Ada pula motif lain yang berasal dari alam Jember, Ciri khas Batik Jember ini menjadi inspirasi bagi Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR untuk menjadikan Batik Jember sebagai identitas kedua.

“Mari, batik Jember menjadi salah satu identitas, Bukan orang Jember kalau tidak punya batik Jember, Identitas orang Jember yang pertama punya KTP Jember, yang kedua punya batik Jember,” ujar Faida dalam acara peringatan Hari Batik Nasional di hotel Panorama, Selasa (2/9/2018)

Bagi Bupati Faida semangat Hari Batik menjadi pemersatu semangat semua orang, bergerak untuk ekonomi kerakyatan, “Mengangkat batik Indonesia, mengangkat batik Jember. Menyatukan banyak pihak dan banyak orang bersatu,” ujarnya. Batik menjadi suatu tolak ukur kecintaan terhadap karya anak bangsa.

Sementara itu, Iriane Pengusaha Batik Rolla menjelaskan beberapa tujuan peringatan Hari Batik Nasional, Hari Batik Nasional adalah perayaan untuk memperingati ditetapkannya Batik sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia.

Advertisement

“Penetapan Hari Batik Nasional merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat dan citra Bangsa Indonesia di forum internasional. Hari Batik Nasional juuga sebagai wujud keinginan pemerintah untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.” Jelasnya.

Istri Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Ir. Mirfano ini mengatakan saat ini Batik merupakan salah satu hasil budaya yang telah mendunia, Pada masa kini pula, batik mulai mendapat sorotan dari generasi muda, Inovasi demi inovasi membuat kalangan muda tidak malu mengenakan batik, Bahkan ada kebanggan mengenakan batik Indonesia. “Peringatan Hari Batik ini untuk bersilaturahmi dengan komunitas dan masyarakat agar lebih mengenalkan batik warisan nenek moyang yang harus dilestarikan di bumi Indonesia,” katanya.(yud/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas