Jember

Sekkab Jember Tegaskan “ASN Jangan Berpolitik Praktis

Diterbitkan

-

Sekkab Jember Tegaskan ASN Jangan Berpolitik Praktis

Memontum Jember – Apel pagi ini terasa begitu istimewa, mengingat dihari-hari biasa, Apel pagi ASN dipimpin oleh para Kabag dilingkungan Sekretariat, namun, senen (12/11/2018) apel pagi ASN dipimpin oleh Sekretaris Kabupaten Jember, Ir. Mirfano,

Dalam kesempatan itu, Mirfano menyampaikan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara yang digaji dan diberikan amanah oleh Undang-undang, sudah sewajarnya untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan pada masyarakat dengan tetap berpegang teguh pada aturan yang telah ditetapkan.

” Memasuki tahun-tahun politik, dimana akan ada pileg dan pilres ditahun 2019 nanti, hendaknya para ASN tetap berada pada posisi Netral sebagai aparatur sesuai dengan aturan perundang-undangan.” Ujarnya.

Mirfano menjelaskan, ada 3 pelanggaran dalam undang-undang, jika ASN aktif terlibat pada politik atau dengan kata lain dukung mendukung. Yaitu, pelanggaran kode etik, dimana pelanggaran kode etik ini akan dilakukan melalui mekanisme pemeriksaan secara intens oleh Majelis Kode Etik ASN.

Advertisement

” Untuk sanksi, mulai dari sanksi sedang dan sanksi berat, seperti Penurunan Pangkat dan Jabatan, serta penghentian kenaikan pangkat.” katanya.

Lalu yang kedua, lanjut Mirfano, pelanggaran Displin ASN, dimana pelanggaran disiplin ini jelas sanksinya adalah Pemecatan atau Pemberhentian secara tidak hormat, untuk yang ketiga,

pelanggaran itu bisa masuk ranah pidana, terkhusus bagi para pejabat atau pemegang kebijakan.

” Dimana para pejabat pemegang kebijakan ini dengan sengaja mengarahkan para staf dan atau memerintahkan kebijakan yang dipegangnya untuk mendukung salah satu calon yang disitu jelas-jelas akan merugikan calon-calon lainnya.” terangnya.

Advertisement

Sekkab Jember ini juga meminta agar setiap ASN yang mempunyai akun medsos untuk lebih berhati-hati dalam memberikan komentar-komentar, di Facebook, Instagram, Twitter.

“Saya ingatkan Hati-Hati dalam foto-foto selfie, Jangan sampai Foto yang kalian ambil itu, disebelahnya ada foto calon atau foto-foto yang bisa disinyalir bisa mengarahkan, seperti kode jari, kode salam, dan lain sebagainya, Kecuali, itu kalian lakukan sendiri tanpa disebelah kalian ada calon atau gambar partai”, ungkapnya.

” Jangan sampai kalian saya sebagai ASN sambungnya, memberikan koment yang mempunyai unsur politik, apalagi sampai menjelek-jelekkan salah satu calon. Ingat..!! Hukumannya tidak ada yang sanksi ringan Melainkan semuanya adalah Sanski Sedang dan Berat”, tegasnya. (yud/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas