Probolinggo

Polres Probolinggo Kota Gelar Sidak Timbangan Pedagang Buah

Diterbitkan

-

Memontum Kota Probolinggo—–Petugas Satgas Pangan Gabungan dari Polres Probolinggo Kota, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan, kembali melakukan inspeksi mendadak ke para pedagang buah yang ada di Jalan Mastrip dan Cokroaminoto.

Satu persatu tempat milik pedagang buah ini, diperiksa, termasuk dengan timbangan kecil maupun timbangan besar, untuk mengetahui kecurangan berat timbangan, saat melakukan transaksi jual beli.

Alhasil, di tempat para pedagang bauh ini, petugas menemukan beberapa alat timbangan milik pedagang yang diduga tidak sesuai atau tidak normal.

Namun timbangan tersebut tidak diamankan oleh petugas. Petugas hanya ingin mengetahui dan membuktikan bahwa adanya isyu laporan masyarakat terkait timbangan milik para pedagang buah yang nakal.

Advertisement

Kapolres Probolinggo Kota,AKBP Alfian Nurrizal akan memanggil para pedagang untuk di berikan arahan serta sosialisasi kepada para pedagang.selanjutnya pihak DKUPP akan melakukan uji Kemetrologian di kantor dinas terkait.

Jika terbukti sengaja melakukan modifikasi timbangan untuk transaksi jual beli, petugas akan melakukan tindakan kepada pedagang nakal.

“Sidak kali ini untuk mengecek adanya isyu tentang buah anggur yang mengandung formalin. Termasuk mengecek alat timbangan. Sehingga ada keseimbangan barang yang dibeli sesuai dengan ukuran,” terang Alfian

Sementara itu,Kepala DKUPP Kota Probolinggo,Gatot Wahyudi mengatakan, DKUPP Kota Probolinggo akan melakukan tera ulang ke semua timbangan milik pedagang buah yang ada di Jalan cokro dan Mastrip.

Advertisement

“Beberapa timbangan yang ada sudah dicek. Tapi, masih ada dua timbangan yang tidak layak pakai, yaitu 2 timbangan kecil karena cap tera tidak ada, harus di KIR atau reparasi,” katanya.

Petugas menghimbau kepada masyarakat, jika melihat dan menemukan kecurangan pedagang pangan, segera laporkan ke polres maupun polsek terdekat.

Sampai sejauh ini, masih belum ada ditemukannya buah anggur yang mengandung formalin.kita masih tunggu hasil lab dari pihak Dinkes.(geo/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas