Bondowoso

Bupati Salwa Lantik 138 Kepala SD dan SMP di Bondowoso

Diterbitkan

-

Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat melantik dan mengambil sumpah jabatan ratusan Kepala SD dan SMP di Bondowoso. (guido)

Memontum Bondowoso – Sebanyak 138 kursi jabatan Kepala UPTD Satuan Pendidikan Formal atau Kepala Sekolah (Kasek) di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bondowoso akhirnya terisi. Ini setelah, Bupati Bondowoso Salwa Arifin melantik 138 pejabat baru menduduki kursi Kasek yang cukup lama dijabat Pelaksana Tugas (Plt) Kasek.

Pelantikan 138 Kasek baru itu dilakukan Bupati Salwa di Pendapa Bupati Bondowoso, Rabu pagi (29/5/2019) bersamaan dengan 6 pengawas sekolah. Selain itu, orang nomor satu Pemkab Bondowoso, ini melantik Sekretaris Kecamatan Tamanan Rian Hidayat menjadi Camat Klabang.

”Jadi, ada 145 pejabat baru yang dilantik dan disumpah. Mereka adalah pejabat fungsional guru dengan tugas tambahan Kepala Sekolah, pejabat pengawas sekolah, dan pejabat administrator atau Camat,” kata Alun Taufan Sulistiyadi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bondowoso.

Khusus 138 pejabat Kasek yang baru dilantik terdiri dari Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dengan rincian, 114 Kepala SD dan 24 Kepala SMP.

Advertisement

”Sebanyak 114 Kepala SD dan 24 Kepala SMP yang baru dilantik, itu mengisi jabatan Kasek yang selama kosong atau dijabat Pelaksana Tugas (PLT) Kasek,” tambah Alun Taufan.

Bupati Salwa usai melantik dan mengambil sumpah jabatan mengatakan, jabatan merupakan amanah dan kepercayaan dari masyarakat. Karena itu, semua pejabat yang baru dilantik harus bersyukur dan bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai tugas pokok dan fungsinya.

”Untuk itu, saya minta selalu menjaga amanah, rasa tanggung jawab, dan mengerjakan tugas sesuai fungsinya, serta taat dengan aturan dan penuh kejujuran,” katanya.

Bupati kelahiran Bondowoso, ini juga menjelaskan, pejabat yang baru dilantik dan dissumpah jabatan kali ini, langsung menerima SK Pelantikan. Ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Bondowoso untuk memperpendek birokrasi, percepatan pelayanan, dan menghindari tindakan yang tidak dinginkan seperti pungutan liar (pungli).

Advertisement

”Jadi, tidak usah menunggu dan datang ke kantor BKD untuk menebus SK. Karena, SK langsung diberikan,” jelasnya.

Agung Tri Handono, Pj. Sekda Bondowoso yang mendampingi Bupati Salwa saat pelantikan mengatakan, pelantikan kali ini ada perubahan struktur organisasi. Yakni, satuan pendidikan seperti Kepala Sekolah (Kasek) menjadi Kepala UPTD Sekolah. Ini karena, UPTD Kecamatan sudah tidak ada lagi.

”Tapi, di setiap kecamatan tetap dibentuk koordintor yang tugasnya memastikan bahwa pelaporan dan koordinasi jalan. Meskipun begitu, Kasek tetap pengendali UPTD masing-masing atau Kasek langsung ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ini memang regulasi yang baru,” katanya. (ido/yan)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas