Kota Malang

Sutiaji Kunjungi SMPN 5 Kota Malang, Tanamkan Pendidikan Karakter

Diterbitkan

-

Walikota Malang Drs Sutiaji saat bertemu siswa baru. (gie)

Memontum Kota Malang – Walikota Malang Drs Sutiaji bersama Kepala Rinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM, datangi SMP Negeri 5 Kota Malang Jl WR Supratman, Kota Malang, Senin (15/7/2019) pukul 09.00. Dalam kesempatan ini, Sutiaji menyempatkan diri bertemu dengan para siswa kelas 7 yang sedang mengikuti masa orentasi.

Tampak para siswa antusias saat bertemu dengan Sutiaji. Momen ini sangat menyenangkan dikarenakan para siswa tidak menyangka bakal bertemu Walikota Malang saat hari pertama masuk sekolah.

Drs Sutiaji dan Dra Zubaidah saat berkunjung ke SMPN 5 Kota Malang. (gie)

Drs Sutiaji dan Dra Zubaidah saat berkunjung ke SMPN 5 Kota Malang. (gie)

Usai pertemuan itu, Sutiaji mengatakan bahwa pihaknya akan terus menanamkan karakteristik anak melalui pendidikan karakter sejak dini.

“Pendidikan karakter harus ditanam sejak dini. Pendidikan karakter harus terus menerus ditanamkan supaya anak bisa menjadi dirinya sendiri dan pribadi yang baik,” ujar Sutiaji di depan 298 siswa baru.

Tentunya pendidikan karakter tingkat dasar untuk anak kelas 1 SD dengan kelas 7 SMP, memiliki kebutuhan yang berbeda meskipun goal nya tetap sama menjadikan anak supaya memiliki karakter, menjadi dirinya sendiri, bukan menjadi orang lain.

Advertisement

” Harapan kami di kelas 7, pendidikan karakter juga tetap ditanam, namun tidak sama denga anak kelas 1. Kalau anak kelas 1, ibarat pohon, saat masih baru ditanam kebutuhan nya berbeda. Kebutuhan akan pupuk, air dan sinar matahari tidak sama dengan kebutuhan anak kelas 7. Bagiamana nantinya bisa menjadikan anak tumbuh dengan berkualitas. Sesungguhnya anak sudah memiliki karakter sejak dini tinggal bagaimana orang tua dan guru menemukan karakter anak yang sesungguhnya. Anak menjadi dirinya sendiri, bukan menjadi orang lain. Sebab sampai saat ini masih banyak anak yang tidak menjadi “dirinya sendiri”. Ujar Sutiaji.

Bahkan Menteri Pendidikan RI, berkeinginan menjadikan Kota Malang sebagai pilot projek pendidikan karakter. “Pak Menteri ingin menjadikan Kota Malang pilot projek pendidikan karakter. Semoga dengan pendidikan karakter sejak dini, anak bisa tumbuh dengan memiliki karakter dan berkualitas tinggi,” ujar Sutiaji.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Malang Burhanuddin menjelaskan bahwa pihakya sudah sejak 3 tahun ini menerapkan pendidikan karakter anak.

“Sejak 2017 sudah kita terapkan pendidikan karakter. Jadi sudah 3 tahun ini berjalan. Saya merasa codok dengan pendidikan karakter anak. Disini kita tanamkan 5 nilai karakter. Yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Alhamdulillah selama ini berjalan dengan baik. Tidak ada anak terlambat sekolah, tidak ada perkelahian dan juga tidak ada barang yang hilang,” ujar Burhanuddin. (gie/yan)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas