Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Minta Posyandu Tingkatkan Layanan Turunkan Stunting

Diterbitkan

-

KINERJA - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah memberikan motivasi agar posyandu di Sidoarjo meningkatkan kinerja untuk pelayanan guna menurunkan stunting di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (16/07/2019)

Memomtum Sidoarjo – Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah meminta Posyandu dapat meningkatkan kualitas kinerja layanannya. Kader Posyandu diharapkan menjadi garda terdepan dalam pembangunan di bidang kesehatan. Pencegahan dan penurunan angka stunting di Sidoarjo dapat terus dilakukan. Komitmen semua pihak diharapkannya.

“Tujuannya agar generasi sehat, hebat dan berkualitas dapat disiapkan di masa mendatang. Posyandu dituntut untuk meningkatkan kualitasnya dalam rangka mencegah dan menurunkan stunting di Sidoarjo,” kata Saiful Ilah kepada Memo X, Selasa (16/7/2019) di Pendopo Delta Wibawa.

Dalam membuka Jambore Kader Posyandu di pendopo Delta Wibawa itu, Abah Ipul mengungkapkan berdasarkan data riset kesehatan Tahun 2018, kondisi stunting di Sidoarjo sebesar 23,9 persen. Riset kesehatan dasar ini terhadap balita usia 0-59 bulan yang diperiksa (ditimbang). Karena itu, Bupati meminta peran kader kesehatan dapat dipacu terus dalam mempersiapkan generasi emas di masa datang. Optimalisasi peran kader Posyandu dalam mencegah balita stunting harus kontinyu.

“Anak yang mengalami stunting tumbuh kembangnya terhambat. Ini berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak. Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak. Banyak faktornya. Bisa disebabkan faktor sosial ekonomi, gizi saat ibu hamil maupun kurangnya asupan gizi saat bayi dalam kandungan atau saat 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),” imbuhnya.

Advertisement

Bupati dua periode ini berharap para kader posyandu yang masuk dalam tim Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu di Sidoarjo dapat secara optimal dalam melakukan pembinaan, dan menjembatani sejumlah permasalahan.

“Sekaligus melaksanakan pelayanan optimal di setiap posyandu,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Sidoarjo, drg Syaf Satriawarman menegaskan Jambore Kader Posyandu diselenggarakan untuk meningkatkan semangat kinerja kader posyandu. Menurutnya kegiatan ini bentuk penghargaan kepada kader posyandu yang bekerja tanpa pamrih.

“Banyak yang disumbangkan kader-kader kesehatan Sidoarjo. Mereka beraksi menampilkan inovasinya. Ini perlu mendapatkan penghargaan,” paparnya.

Advertisement

Selain itu, Syaf Satriawarman berharap melalui kegiatan ini akan meningkatkan kapasitas kinerja dalam pelaksanaan posyandu. Selain itu memantapkan tugas dan fungsi kader dalam pelayanan dasar di masyarakat.

“Tujuannya agar pelayanan Posyandu lebih berkualitas,” tandasnya.

Sementara pada Jambore Kader Posyandu ini diselenggarakan berbagai kegiatan. Diantaranya lomba penyuluhan pencegahan stunting, lomba membuat majalah dinding (mading) terkait stunting, serta lomba inovasi media penyuluhan Posyandu dan lomba vlog. Pesertanya 78 kader posyandu yang tersebar di beberapa puskesmas di Sidoarjo. (Wan/yan)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas