Connect with us

Lumajang

Antisipasi Pencurian Hewan Ternak di Lokasi Terdampak Semeru, Warga Sumberwuluh Lumajang Lakukan Evakuasi

Diterbitkan

||

Antisipasi Pencurian Hewan Ternak di Lokasi Terdampak Semeru, Warga Sumberwuluh Lumajang Lakukan Evakuasi

Memontum Lumajang – Warga Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, tampak mengevakuasi hewan ternak mereka dari lokasi terdampak, Senin (05/12/2022) tadi. Hal ini, sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Desa Sumberwuluh, Samsul Arif.

“Pagi ini masyarakat mulai evakuasi hewan ternak, dibantu dengan sejumlah petugas di Kajar Kuning. Kalau di Kampung Renteng relatif aman,” ungkap Sekretaris Desa Sumberwuluh.

Dijelaskannya, bahwa Dusun Kajar Kuning menjadi daerah terparah terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru. Evakuasi hewan ternak sendiri, tidak bisa dilakukan pada hari pertama dikarenakan kondisi medan yang masih rawan.

Evakuasi hewan ternak ini, tambahnya, untuk mengantisipasi adanya oknum yang memanfaatkan kelengahan warga, seperti yang terjadi pada tahun lalu. Sebab saat itu, dirinya mendapat laporan ada warga yang kehilangan hewan ternak saat erupsi.

Baca juga:

“Dari pantauan kami,.ternak dikumpulkan di Penanggal dan Huntap. Di sana, ada kandang yang dijadikan satu. Itu, untuk mencukupi kebutuhan pangan, kami masih belum tahu,” terang Samsul.

Sementara itu, saat peristiwa APG Semeru, warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, berhasil selamat. Hal itu, seperti disampaikan oleh Kades Supiturang, Nurul.

Menurutnya, warga Desa Supiturang aman dan tidak ada korban jiwa. Untuk sementara ini, warga masih mengungsi pasca peristiwa APG Semeru. Perlu diketahui, bahwa dahsyat erupsi Semeru, membuat warga sekitar lereng Semeru panik dan berhamburan menyelamatkan diri.

“Alhamdulillah, aman mas. Tidak ada korban jiwa. Warga masih mengungsi di SD Supiturang 4. Masih siaga, karena masyarakat masih merasa khawatir dan takut,” terangnya pada Memontum.com. (adi/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *