Connect with us

Kota Batu

Atasi Ancaman Longsor di Jalan Giripurno, DPUPR Kota Batu Siapkan Anggaran Rp 700 Juta

Diterbitkan

||

Atasi Ancaman Longsor di Jalan Giripurno

Memontum Kota Batu – Ancaman longsor di Jurang Susuh Kota Batu, atau ruas jalan yang menghubungkan Jalan Giripurno, Kota Batu dan Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, yang terjadi beberapa waktu lalu, bakal segera teratasi. Itu karena, Pemkot Batu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Batu, telah rampung melakukan pembahasan terkait kajian teknis untuk perbaikan jalan di lokasi tersebut. Bahkan, rencananya senilai Rp 700 juta, alokasi telah diketok untuk biaya perbaikan jalan.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat, menjelaskan jika pihaknya bersama tim Banggar telah menyepakati biaya perbaikan senilai Rp 700 juta. Anggaran itu, akan diambil dari dana Belanja Tak Terduga (BTT).

Baca Juga :

Menurutnya, perbaikan di jalan itu tergolong darurat. Sebab, akses tersebut menjadi jalur alternatif utama wisatawan dan warga. Apalagi, saat ini sudah memasuki akhir tahun yang biasanya volume kendaraan naik. Sehingga, jalan itu menjadi opsi utama mengurai kemacetan.

”Insyaallah pengerjaan sudah bisa kita mulai hari ini. Yang jelas, kami menargetkan perbaikan ini bisa rampung sebelum akhir tahun,” kata Alfi, Kamis (01/12/2022) tadi.

Pada prinsipnya, ujarnya, jalur alternatif utama masuk Kota Batu, itu menjadi prioritas penanganan agar bisa kembali optimal sebelum masuk tahun baru. Karena, jelang pergantian tahun, dipastikan terjadi lonjakan arus kendaraan. Jika tidak tertangani segera, maka bukan tidak mungkin kemacetan akan terjadi.

Seperti diketahui, akses jalan ini sendiri kerap dibuat sebagai jalur alternatif pengendara dari arah Surabaya menuju Kota Batu via jalur Karangploso. Meski begitu, pengendara masih bisa menempuh jalur Pendem atau Gunung Wukir. (bir/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *