Kota Batu

Bahas Isu Strategis Desa dan Kelurahan, Pj Wali Kota Gelar Audiensi bersama Apel

Diterbitkan

-

BAHAS: Suasana audiensi Pj Wali Kota Batu dengan Apel. (pemkot for memontum)

Memontum Kota Batu – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, menerima audiensi dari Apel (Asosiasi Petinggi dan Lurah Kota Batu) untuk membahas berbagai isu strategis guna menangani permasalahan desa dan kelurahan di Kota Batu. Giat yang didampingi Sekda Kota Batu dan Kepala OPD, berlangsung di Ruang Rapat Utama Lantai V, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (01/02/2024) tadi.

Mengawali audiensi, Ketua Apel Kota Batu, Wiweko, menyampaikan hasil musyawarah intern Apel yang membahas berbagai isu strategis. Seperti pengelolaan sampah, penganggaran THL, peningkatan kapasitas BPD, perhitungan ADD, SBU Desa untuk SPM dan kolaborasi untuk pengembangan desa wisata. Dalam audiensi itu, evaluasi dan dukungan anggaran menjadi fokus untuk meningkatkan efektifitas dan optimalisasi potensi di tingkat desa serta terkait realisasi hasil usulan Musrenbang.

Pj Wali Kota Aries dalam kesempatan itu menekankan tentang urgensi realisasi Musrenbang dan rekapitulasi hasil Musrenbang. “Untuk tahun ini, apa prioritas penting yang bisa diangkat satu saja, hasil Musrenbang dan segera direalisasikan,” kata Pj Wali Kota Aries.

Baca juga :

Advertisement

Terkait sampah, Pj Wali Kota memberikan apresiasi kepada desa dan kelurahan yang sudah mengelola sampah dengan baik. Dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup, akan semakin digencarkan dan diharapkan masalah sampah dapat terselesaikan pada 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, Aditya Prasaja, melanjutkan pembahasan terkait berbagai isu strategis desa dan kelurahan. Seperti THL, peningkatan kapasitas BPD, ADD, SBU Desa untuk SPM, pengembangan Desa Wisata, serta hal terkait efektivitas penganggaran, aset desa dan optimalisasi potensi desa  dan kelurahan.

Pelaksanaan audiensi sendiri, berikutnya diusulkan untuk membahas lebih lanjut terkait status tanah desa yang dikembangkan menjadi fasilitas umum (Fasum) dan keteraturan aset desa. Audiensi ini, merupakan komitmen dan koordinasi antara pemerintah kota dengan desa atau kelurahan dalam mengatasi permasalahan strategis demi pembangunan Kota Batu yang lebih baik. (kom/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas