Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Batik Lumajang on The Stage Jadi Kolaborasi Pengrajin, Desainer dan Kreatifitas Generasi Muda

Diterbitkan

||

Batik Lumajang on The Stage

Memontum Lumajang – Guyuran hujan tidak membuat menurunnya antusiasme gelaran event Batik Lumajang on The Stage (Balos) 2022, Spekta Gong 2023. Aksi cat walk sejumlah model dengan balutan Batik Lumajang, seolah menghipnotis sejumlah penampilan anggun dengan didukung sorotan lampu di bawah rintikan air hujan.

Sekedar diketahui, Batik Lumajang On The Stage kembali digelar di tahun ini, setelah sebelumnya sempat vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Dengan mengusung tema Spekta Gong 2023, Balos kali ini diharapkan mampu mendobrak semangat para pembatik dan desainer untuk kembali berkompetisi dalam produktivitas batik.

Saat membuka acara Balos 2022, yang bertempat di Halaman Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (28/12/2022) tadi, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Musfarina Thoriq, menyampaikan bahwa Balos telah menjadi ajang untuk mempertemukan para pengerajin batik dan para desainer fashion. Selain itu, juga menjadi ajang kreativitas generasi muda untuk menampilkan kreasi busana batik yang kekinian.

Baca Juga :

“Masyarakat Lumajang harus bangga dengan batik Lumajang. Dengan Balos, batik-batik dengan motif khas batik Lumajang, diharapkan akan terus bermunculan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Balos, Dimas Saputra, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari kegiatan Balos adalah untuk meningkatkan kreativitas dan eksplorasi Batik Lumajang. Sehingga, muncul karakter Batik Lumajang yang menjadi ciri khas daerah, yang patut untuk dibanggakan.

“Melalui ini, diharapkan juga mampu mengajak para pengrajin batik untuk meningkatkan pola pikir. Jadi, bukan hanya memproduksi batik, tapi juga menciptakan batik Lumajang yang berkarakter kebanggaan Lumajang,” ungkapnya.

Adapun beberapa rangkaian Balos, diantaranya Lomba Fashion Show dengan lima kategori mulai anak-anak hingga kategori dewasa atau umum. Kemudian, lomba fotogenic, sarasehan dengan pembatik dan desainer se-Kabupaten Lumajang dan Parade Show Pembatik dan Designer. (kom/pix/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *