Connect with us

Lamongan

Bentuk Pribadi Tangguh, Bupati Yuhronur Lantik Pramuka Siaga Garuda

Diterbitkan

||

Bentuk Pribadi Tangguh, Bupati Yuhronur Lantik Pramuka Siaga Garuda

Memontum Lamongan – Pramuka merupakan wadah yang tepat untuk pembinaan generasi muda Indonesia, terutama dalam membentuk pribadi dengan karakter yang positif dan tangguh, Selasa (22/03/2022). Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, selaku Kamabicab (Ketua Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka Kabupaten Lamongan, secara langsung melantik Pramuka Siaga Garuda di Lamongan.

Pelantikan ini, dilaksanakan di dua tempat yang berbeda. Yakni, di Gedung Sport Center Lamongan dan di SMPN 1 Mantup. Adapun pramuka siaga yang telah dilantik secara langsung oleh Bupati Yuhronur pada hari ini, berjumlah 421 orang dengan rincian 226 pramuka siaga dari Kecamatan Lamongan, 92 pramuka siaga asal Sambeng, 62 dari Ngimbang, 18 pramuka dari Mantup dan 23 pramuka dari tingkat SD di Kembangbahu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yuhronur mengatakan, bahwa ketika medali pramuka siaga garuda ini diperoleh, maka dengan demikian tanggung jawab akan masa depan bangsa dan negara berada di pundak masing-masing pramuka. “Saya mengucapkan selamat dan sukses, khususnya kepada anak-anakku siaga garuda yang telah mendapatkan medali yang saya berikan secara langsung. Saya kalungkan secara langsung, seraya saya menepuk kedua pundaknya, yang itu artinya adalah bahwa masa depan bangsa, masa depan negara ini adalah di pundak sampean semuanya,” katanya.

Baca juga :

Bupati Yuhronur juga mengungkapkan, tingkatan pramuka garuda ini merupakan tingkatan tertinggi yang tentunya adalah teladan dan contoh bagi lingkungannya. Dirinya berharap, pramuka siaga garuda yang dilantik ini akan memiliki karakter, penanaman sikap mental, membangun jati diri yang tetap dan tangguh, berkepribadian positif. Utamanya, bagi generasi milenial yang akan menggantikan kepemimpinan Indonesia di masa emas mendatang.

“Tentu ini menjadi kebanggaan, dengan diterimanya medali ini, maka anak-anakku sekalian adalah sebagai teladan dan contoh di lingkungan masing-masing. Saya yakin diantara yang hadir, yang telah dilantik sebagai pramuka siaga garuda ini, tentu pada saatnya nanti akan ada yang menjadi pemimpin, pengusaha besar, tokoh-tokoh negeri, atau bahkan menjadi presiden Indonesia,” tambahnya.

Pramuka siaga yang berhasil dilantik menjadi pramuka siaga garuda, ini telah dinyatakan lulus dan memenuhi syarat. Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pramuka siaga untuk menjadi garuda, diantaranya yakni menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) tingkat siaga tata, memiliki tanda kecakapan khusus untuk pramuka siaga sekurang-kurangnya empat macam. Yakni, menunjukkan hasil hasta karya, pernah mengikuti pertemuan pramuka siaga tingkat kwartir, pernah mengikuti perkemahan, mampu mengoperasikan perangkat komputer, serta telah mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkat garuda. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.