Kabupaten Malang

Buka Gebyar HUT Ke-18 Himpaudi Donomulyo, Bupati Malang Tegaskan Pentingnya Pendidikan Anak

Diterbitkan

-

Memontum Malang – Anak bagaikan selembar kertas putih yang belum tercoret apapun. Oleh karena itu, peran orang tua dan guru sangat penting untuk memberikan pendidikan yang terbaik. Hal itu, ditegaskan oleh Bupati Malang, Sanusi, saat membuka Gebyar HUT Ke-18 Himpaudi Tingkat Kecamatan Donomulyo, di Kolam Renang Pujangga, Desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Sabtu (16/09/2023) pagi.

Turut memeriahkan acara tersebut, diantaranya Bunda PAUD Kabupaten Malang, Hj Anis Zaidah Sanusi, perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Camat dan Forkopimcam Donomulyo serta kurang lebih 619 anak yang didampingi oleh orang tua atau wali murid dan para guru dari lembaga PAUD, KB dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) se Kecamatan Donomulyo. Adapun rangkaian acara, terdiri dari senam bersama yang penampilan tari oleh anak didik PAUD, makan roti dan minum susu bersama serta corat-coret bebas bermakna.

“Anak-anak usia dini merupakan generasi penerus yang berperan penting dalam menentukan kemajuan Indonesia di masa depan,” kata Bupati Sanusi.

Menurutnya, generasi muda juga memiliki tanggung jawab untuk memajukan peradaban bangsa. Sebab, Indonesia dapat terus melaju apabila sumber daya manusianya memiliki karakter tangguh dan unggul. Dimana, hal ini dapat dibentuk dan diajarkan, salah satunya melalui pendidikan anak usia dini.

Advertisement

Baca juga :

“Dalam hal ini, pendidikan anak usia dini sangat bergantung pada peran orang tua. Utamanya ibu, serta para guru dan pendidik di sekolah. Sebagaimana kertas putih yang masih kosong dan belum tercoret apapun,” jelasnya.

Bupati Malang menggambarkan, bahwa seorang anak terlahir ke dunia dalam keadaan yang masih suci. Maka apabila sejak dini mereka sudah mendapatkan pendidikan dasar yang baik, hal ini akan berlanjut baik pula terhadap tahap pembelajaran yang lebih tinggi, seperti SD, SMP, SMA dan seterusnya.

“Saya berharap kepada seluruh pihak yang bergerak di bidang pendidikan anak usia dini, agar dapat melaksanakannya dengan penuh ketulusan. Sebab, hal ini merupakan investasi untuk masa depan yang tiada hentinya. Dengan mendidik anak-anak ini, bapak dan ibu akan mendapatkan pahala jariyah dari Allah SWT. Maka berbahagialah bapak dan ibu guru yang mengajarkan ilmu bermanfaat sebagai bekal anak-anak untuk tumbuh menjadi generasi soleh dan solehah,” ujar Bupati Malang.

Advertisement

Bupati Malang juga berpesan agar dalam setiap tahap pembelajarannya, anak-anak jangan sampai mengalami salah asuh, salah pendidikan maupun salah pergaulan. (pro/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas