Pendidikan

Buka Seminar Peran Gen-Z dalam Melawan Insecuritas, Wabup Situbondo Ingatkan Porsi Insecuritas

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani, mengajak siswa-siswi SMP untuk melawan insecuritas (perasaan ragu, cemas dan kurang percaya diri). Sebab, insecuritas dapat mengganggu berbagai aspek hidup.

Ajakan itu disampaikan Wabup, saat membuka seminar ‘Peran Gen-Z dalam Melawan Insecuritas’, yang dilaksanakan di Pendapa Arya Situbondo, Kamis (30/11/2023) tadi. “Insecuritas sebenarnya hal yang normal. Tapi jika berlebihan, itu tidak baik untuk kesehatan mental. Maka dari itu, insecuritas ini harus kita lawan,” katanya.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Nyai Khoi, ini mengatakan bahwa ada beberapa ciri orang yang mengalami insecuritas. Diantaranya rendah diri, menghindari hubungan dekat dengan orang lain, cemas berlebihan dan perfeksionis.

Baca juga :

Advertisement

“Kondisi ini bisa membuat orang cemas berlebihan, kehilangan percaya diri dan bisa menyebabkan ganguan mental. Seperti stres hingga depresi,” ujar Wabup Situbondo.

Ditambahkannya, dengan menerima kekurangan dan tidak menyalahkan diri sendiri ketika mengalami kegagalan, itu adalah bentuk dalam mengatasi insecure. “Ini adalah bentuk mencitai diri sendiri, yang dapat meningkatkan securitas seseorang serta mengurangi gangguan mental seperti stres dan depresi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Situbondo, Imam Darmaji, menjelaskan jika seminar tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Anak se-Dunia 2023. “Untuk pesertanya adalah anak-anak yang masuk generasi Z, yang terdiri dari siswa-siswi SMP se-Kabupaten Situbondo serta pendamping dengan total 100 orang. Untuk nara sumber yakni Arie Cahyono,” ujarnya. (her/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas