Connect with us

Lamongan

Bupati Lamongan Ajak Seluruh Kades Tingkatkan Status Desa Mandiri melalui Desa Berjaya

Diterbitkan

||

Bupati Lamongan Ajak Seluruh Kades Tingkatkan Status Desa Mandiri melalui Desa Berjaya

Memontum Lamongan – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, mengajak seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Lamongan untuk bersinergi mewujudkan Desa Berjaya (Maju, Mandiri dan Sejahtera). Ajakan tersebut, disampaikannya dihadapan Kades se-Kabupaten Lamongan, saat Halal Bihalal Kepala Desa Se-Kabupaten Lamongan di Aula Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Rabu (18/05/2022) tadi.

Menurutnya, Desa Berjaya yang merupakan salah satu program prioritas ini, diharapkan mampu mempercepat pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat desa. Apalagi, program tersebut akan ditunjang dengan bantuan dana dusun oleh Pemkab Lamongan.

“Dua tahun kita diterpa wabah Pandemi Covid-19 dan selama itu pula kita stagnan tidak ada pembangunan fisik. Untuk itu, mulai tahun ini kita akan memulainya. Termasuk, pemberian dana dusun, sehingga cita-cita mewujudkan desa berjaya dapat segera tercapai. Mari kita wujudkan program desa berjaya sesuai visi misi saya bersama Pak Rouf,” tegasnya.

Untuk mewujudkan itu semua, lanjut Bupati Yuhronur, diperlukan sinergi seluruh pihak agar desa di Lamongan terus bangkit menjadi Desa Mandiri. “Saya yakin, ini semua dapat terwujud. bersama memfasilitasi dan bersinergi agar desa di Lamongan menjadi desa mandiri,” imbuhnya.

Baca juga :

Sesuai arahan Bupati Lamongan, Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Lamongan, Mohammad Zamroni, pun akan berupaya seoptimal mungkin dalam mewujudkan kejayaan Lamongan melalui Desa Berjaya. Menurutnya, pertemuan perdana dengan para kades setelah dilantik menjadi Kadis PMD menjadi momen terbaik untuk menjalin sinergi dalam mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

“Ini merupakan momen yang sangat bagus sekali bagi saya karena saya bisa ketemu dan bisa silaturahmi dengan seluruh kepala desa secara langsung. Program Desa Berjaya sendiri dimaksudkan untuk mempertahankan status desa mandiri sekaligus memperbanyak capaian desa mandiri dengan mengurangi status desa berkembang menjadi maju serta mendorong status desa maju menjadi mandiri,” ujar Moh Zamroni.

Moh Zamroni juga mengungkapkan, bahwa berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021, status desa mandiri di Kabupaten Lamongan sebanyak 34 desa, 158 desa berstatus maju dan 271 desa berkembang.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lamongan tersebut, turut dihadiri Wabup Abdul Rouf, Sekda Moh Nalikan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKAD) Khusnul Yaqin serta seluruh Kades se-Kabupaten Lamongan. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.