Connect with us

Kabupaten Malang

Bupati Malang Berangkatkan Pawai Budaya Bersih Dusun Patuksari Wonosari

Diterbitkan

||

Bupati Malang Berangkatkan Pawai Budaya Bersih Dusun Patuksari Wonosari

Memontum Malang – Semoga dari tasyakuran bersih dusun membawa berkah bagi masyarakat Dusun Patuksari dan Desa Plaosan, semakin baik dan sejahtera. Doa tersebut disampaikan Bupati Malang, HM Sanusi, saat memberikan sambutan sebelum memberangkatkan Pawai Budaya dalam rangka Bersih Dusun Patuksari, Desa Plaosan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Kamis (28/07/2022) siang.

Bupati Malang hadir bersama rombongan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. Rombongan Bupati disambut hangat Camat Wonosari, Desi Arianti dan Muspika, serta Kepala Desa Plaosan dan ratusan masyarakat setempat yang berkumpul di Lapangan Dusun Patuksari.

Pada Bersih Dusun ini, seperti yang dilaporkan panitia acara, bahwa masyarakat Dusun Patuksari memiliki keinginan untuk mengundang langsung Bupati Malang. Warga merasa mencintai dan menginginkan Bupati Malang hadir langsung di tengah-tengah masyarakat Dusun Patuksari sembari merasakan kemeriahan dalam pesta rakyat.

Dalam rangkaian acara Bersih Dusun ditandai dengan Pawai Budaya. Pada pagi harinya, telah digelar pertunjukkan wayang Sekar Dadung sebagai langkah untuk uri-uri budaya yang terus dilestarikan. Sedangkan pada malam harinya dilanjutkan pertunjukan Wayang Kulit. Kemudian ke esokan harinya pada hari terakhir acara digelar kegiatan Tahlil Akbar dan Pengajian Umum.

Dusun Patuksari memiliki 16 RT dan pada Pawai Budaya siang tadi, warga masyarakat menampilkan 22 grup pawai budaya dengan mengusung tema “Maju Budayaku Maju Dusunku Patuksari Bersatu Luwih Maju”.

Baca juga :

”Panitia Bersih Dusun Patuksari mampu mengumpulkan massa sebanyak ini sehingga masyarakat Dusun Patuksari dapat bersatu bersama-sama membangun desa. Insya Allah kalau dilihat penampilannya, semua warganya sudah sejahtera, pakaiannya apik-apik, bau badannya wangi-wangi. Insya Allah semua yang ada di sini menjadi bersih semua sehingga dusun dan desanya bersih,” ujar Sanusi dalam arahannya.

Dia berharap warga semakin sejahtera dan makmur.”Semoga dijauhkan dari segala macam musibah, rezekinya tambah banyak, masyarakatnya tambah sejahtera dan makmur. Semuanya nggak ada yang punya hutang, kalau punya hutang segera lunas,” harap Bupati Malang.

Dilanjutkan Bupati Malang, bahwa Bersih Dusun merupakan bagian dari ungkapan rasa bersyukur iadalah menyadari menikmati nikmat yang diberikan Allah SWT. Lanjutnya, dengan tasyakuran Bersih Dusun ini agar Dusun Patuksari dan Desa Plaosan semakin baik dan sejahtera.

Terlebih, dalam rangkaian acaranya, Bersih Dusun ditutup dengan acara doa bersama, istighosah dan pengajian umum. Bupati menjelaskan, membersihkan diri dari segala musibah balak dengan banyak membaca sholawat dan istighfar. Dia meminta supaya saat Pawai Budaya membaca sholawat dan istighfar dengan hati, tidak perlu sambil teriak-teriak.

“Karena Allah SWT berfirman dalam Surat Al – Anfal ayat 33, yakni Allah SWT tidak akan menyiksa atau memberikan cobaan kepada hambaNya kalau bersama Rasulullah membaca shalawat. Dan tidak menyiksa hambanya dengan cobaan kalau hambanya mau membaca istighfar. Insya Allah dengan begitu masyarakatnya menjadi makmur. Semoga semuanya sehat, pulang dengan tetap berbahagia, punya kenangan tersendiri,” ujar Sanusi. (pro/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.