Connect with us

Pemerintahan

Bupati Situbondo Buka Pelaksanaan Peringatan Hari Anak Nasional

Diterbitkan

||

Bupati Situbondo Buka Pelaksanaan Peringatan Hari Anak Nasional

Memontum Situbondo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bersama Forum Anak Situbondo menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022, Sabtu (23/07/2022) tadi. Kegiatan yang digelar di Gazebo Alun-alun Kota Situbondo, dihadiri langsung Bupati Situbondo, Karna Suswandi.

Dalam kesempatan itu, Bung Karna-sapaan bupati, menjelaskan bahwa tema peringatan HAN tahun ini adalah ‘Kita Anak Situbondo, Sehat dan Berjaya. Melalui tema itu, diharapkan menjadi momentum untuk menggugah seluruh komponen masyarakat dalam pemenuhan hak anak.

Bung Karna juga menyampaikan, bahwa hak anak tersebut meliputi hak hidup, tumbuh, berkembang dan berbakti kasih secara wajar, sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan. Serta, mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Saya mendorong semua pihak agar hadir secara langsung di tengah-tengah masyarakat. Mari kita pastikan anak-anak di Kabupaten Situbondo, tetap tangguh menghadapi tantangan dalam pemenuhan hak dan perlindungan terhadap mereka,” tegasnya.

Untuk itu, dalam acara HAN 2022 kali ini, Pemkab Situbondo menggelar berbagai kegiatan. Yakni pameran kreatif anak Situbondo sebanyak 24 stand, pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil berupa pemberian Kartu Identitas Anak (KIA), pelayanan kesehatan gratis, pelayanan pojok membaca, olahan makanan bergizi, vokal solo compaticion diikuti 50 peserta, lomba mewarnai diikuti sebanya 50 anak, festival makanan sehat diikuti 40 peserta, dan pemberian makanan tambahan sebanyak 72 anak.

Baca juga :

“Dan akan kami tutup dengan malam puncak Festival Anak Situbondo, yang digelar pada 24 Juli 2022. Pada penutupan itu, juga sekaligus mendukung program stunting, yakni dengan menggelar lomba gemar makan ikan (Gemarikan, red) mulai pukul 08.00 di Pendopo Aryo Situbondo,” bebernya.

Tidak ketinggalan, dalam kesempatan itu Bupati Karna juga mengapresiasi kerja keras Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Situbondo. Karena, Kabupaten Situbondo berhasil meraih kota layak anak (KLA) 2022 dengan predikat Nindya.

“Kita juga patut berbangga, dimana tadi malam Kadis P3AP2KB menerima penghargaan KLA dengan klasifikasi Nindya. Ini sebuah kinerja yang patut diacungi jempol,” paparnya.

Sekretaris DP3AB2KB Situbondo, Moh Nur Hidayat, mewakili Kepala DP3AP2KB Situbondo, H Muh Imam Darmaji, menjelaskan bahwa peringatan HAN 2022 akan diselenggarakan selama dua hari. Yakni Sabtu dan Minggu, atau hingga24 Juli. “Pesertanya anak-anak usia PAUD sampai SMA,” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan peringatan HAN di Kabupaten Situbondo, untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan peningkatan perlindungan tumbuh kembang anak.

“Tentunya, penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa,” ujarnya.

(her/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.